Sukses

Wenger Usulkan Piala Dunia Digelar Sekali 2 Tahun, Apa Untungnya?

Liputan6.com, Jakarta Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, melempar ide revolusioner terkait Piala Dunia. Pria asal Prancis tersebut mengusulkan agar hajatan akbar sepak bola itu digelar sekali dua tahun.

Ide yang sama juga diusulkan Wenger untuk Piala Eropa. Selama ini, Piala Eropa maupun Piala Dunia selalu digelar sekali 4 tahun. Menurutnya usulan ini lebih baik dari kehadiran UEFA Nations League.

"Satu Piala Dunia dan Satu Piala Eropa setiap tahun, kemungkinan bakal lebih ideal untuk sepak bola modern saat ini," kata Wenger kepada Bild seperti dilansir dari Marca.

Wenger juga yakin, meningkatnya frekuensi penyelenggaraan kedua turnamen besar itu tidak akan mengurangi nilai kompetitifnya seperti yang terjadi di ajang Liga Champions.

"Saya selalu mengatakan kepada orang-orang yang berkata citra tidak akan terkait dengan berapa lama Anda menantikan untuk bermain lagi, tapi lebih kepada kualitas kompetisi itu," katanya. 

Anda bisa lihat, semua orang masih menyaksikan Liga Champions setiap tahun. Secara pribadi saya melihat itu sebagai kemajuan," beber The Profesor menambahkan. 

 

2 dari 4 halaman

Mengenai UEFA Nations League

UEFA sendiri belum lama ini memperkenalkan satu turnamen baru bagi anggota-anggotanya. UEFA Nations League digelar perdana dua tahun lalu untuk menambah nilai kompetitif dari uji coba-uji coba yang kerap digelar selama ini. Lewat turnamen ini, 4 tim akan mendapat slot ke final Piala Eropa.

Portugal keluar sebagai juara UEFA Nations League edisi pertama dua tahun lalu. Di babak final, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengalahkan timnas Belanda dengan skor tipis 1-0. 

 

Tahun ini, UEFA Nations League kembali bergulir dan tengah memasuki babak penyisihan grup. 

3 dari 4 halaman

Usulan Lain Wenger

Wenger menganggap turnamen ini tidak berpengaruh banyak terhadap peningkatan kualitas sepak bola di Eropa. "Kita perlu menghapus Nations League dan mencari event yang lebih jelas bagi semua orang. Jika Anda tanya orang-orang di jalan apa itu Nations League, tidak banyak yang bisa menjelaskannya. Kita perlu mengadakan acara seperti ini sesedikit mungkin," kata pria berusia 70 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini