Sukses

Akhir Dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Nyon - UEFA mengumumkan daftar final penghargaan UEFA Men’s Player of the Year, Rabu (23/9/2020). Uniknya, tidak ada nama Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo dalam daftar final tahun ini.

Sejak penghargaan pemain terbaik Eropa ini berganti format pada 2011, ini pertama kalinya Ronaldo dan Messi gagal menembus tiga besar. Padahal, dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir salah satu pemain ini selalu menjadi finalis.

Penurunan performa menjadi alasan utama tersingkirnya kedua pemain terbaik dalam satu dekade tersebut. Mereka gagal bersinar musim lalu dan tampil buruk di ajang Liga Champions.

Ronaldo tidak cukup kuat untuk membawa Juventus lolos ke babak 8 besar Liga Champions kala menjamu Olympique Lyon. Sedangkan Messi harus menanggung malu ketika Barcelona dipermalukan 2-8 di laga perempat final melawan Bayern Munchen.

Tahun ini muncul tiga nama finalis baru untuk meraih penghargaan bergengsi ini. Kevin De Bruyne, Robert Lewandowski, dan Manuel Neuer akan bersaing menjadi pemain terbaik UEFA 2020.

2 dari 5 halaman

Pemain Favorit

De Bruyne dan duo FC Hollywood menjadi finalis pemain terbaik tahun ini bukan tanpa alasan. Mereka berhasil menunjukan penampilan impresif dan menjadi pemain kunci bagi klubnya kala bertanding di setiap laga.

Lewandowski tentu menjadi favorit pemenang dalam ajang ini. Ia berhasil menunjukan penampilan brilian dengan menjadi top skor di Liga Champions, Bundesliga dan DFB Pokal.

Sementara, rekan satu timnya Neuer berhasil tampil apik di bawah mistar gawang dan membawa Munchen meraih treble winner. Ia juga berhasil mencatatkan enam clean sheets di ajang Liga Champions.

Sedangkan De Bruyne sangat berpengaruh dalam permainan Manchester City di berbagai ajang kompetisi musim ini. Salah satunya ia berhasil menyihir lini tengah City dengan menorehkan 20 assists dan 13 gol di Liga Inggris musim 2019/20.

3 dari 5 halaman

Pengumuman Pemenang

Rencananya, pemenang penghargaan UEFA Men's Player of the Year akan diumumkan pekan depan, Kamis 1 Oktober 2020 di Swiss. Nantinya, ada 80 pelatih dan 55 jurnalis yang akan menjadi penentu siapa pemain terbaik tahun ini.

Selain itu, UEFA juga akan mengumumkan beberapa penghargaan lain dalam kesempatan ini. Seperti Men’s Coach of the Year, Europa Leauge Player of the Season, Women’s Player of the Year dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Nominasi Men’s Player of the Year

Finalis UEFA Men's Player of the Year:

• Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

• Kevin De Bruyne (Manchester City)

• Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Pemain peringkat keempat hingga 10:

4. Lionel Messi (Barcelona) 53 suara

= Neymar (Paris Saint-Germain) 53 suara

6. Thomas Muller (Bayern Munchen) 41 suara

7. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) 39 suara

8. Thiago Alcántara (Bayern Munchen) 27 suara

9. Joshua Kimmich (Bayern Munchen) 26 suara

10. Cristiano Ronaldo (Juventus) 25 suara

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

5 dari 5 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini