Sukses

Hasil Indonesia vs Qatar: Penalti Menit ke-90 Bikin Timnas U-19 Patah Hati

Timnas Indonesia U-19 harus puas bermain 1-1 pada laga uji coba melawan Qatar.

Liputan6.com, Zagreb - Timnas Indonesia U-19 harus puas bermain 1-1 melawan Qatar pada laga uji coba di Stadion Velica Gorica, Minggu (20/9/2020). Garuda Muda patah hati karena penalti lawan di menit ke-90.

Hasil ini juga membuat timnas gagal mengulang kemenangan. Pada pertemuan pertama Indonesia vs Qatar, Kamis (17/9/2020), Timnas U-19 berjaya 2-1. 

Garuda Muda memimpin melalui Saddam Gaffar. Memanfaatkan postur tinggi, dia menanduk lemparan ke dalam Pratama Arhan untuk merobek gawang Qatar di menit ke-61. Di ambang kemenangan timnas, Qatar justru menyamakan kedudukan lewat penalti Osamah Altairi.

Ini menjadi laga kelima timnas U-19 selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Pasukan Shin Tae-yong tetap menunjukkan perkembangan setelah menderita kekalahan di tiga pertandingan awal. 

Setelah menghadapi Qatar, timnas U-19 akan menggelar uji coba melawan Bosnia-Herzegovinam Jumat (25/9/2020) dan Dinamo Zagreb, Senin (28/9/2020). TC Timnas Indonesia di Kroasia dijadwalkan berlangsung hingga akhir September. 

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Pelatih Shin Tae-yong melakukan dua perubahan pada pertemuan pertama melawan Qatar. Beckham Putra Nugraha dan Saddam Emirudin Gaffar masuk menggantikan David Maulana dan Irfan Jauhari.

Pada babak pertama, Qatar mendapat peluang emas melalui tendangan jarak dekat Lofti Madjer. Beruntung kiper Adi Satryo mampu melakukan penyelamatan. 

Di sisi lain, timnas kesulitan menembus pertahanan lawan dan gagal menciptakan peluang bersih. Skor pun tetap kacamata. 

Shin Tae-yong kemudian memasukkan David Maulana mengisi tempat Beckham Putra. Namun, timnas tetap kerepotan mengancam gawang Qatar melalui permainan terbuka. 

Meski begitu, Garuda Muda menunjukkan keunggulan di situasi bola mati. Lemparan ke dalam berbuah gol Saddam Gaffar.

Timnas kemudian bermain kurang disiplin dan beberapa kali memberi hadiah Qatar tendangan bebas. Namun, Bagas Kaffa dan kawan-kawan mampu meredam.

Sampai serangan Qatar jelang laga berakhir berakibat fatal. Rizki Ridho terpaksa melanggar lawan di kotak penalti. Altairi kemudian sukses menjalankan tugas dan menyamakan kedudukan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Timnas

Timnas U-19 (4-4-2): Muhammad Adi Satryo (PG); Bagas Kaffa, Rizki Ridho (C), Komang Teguh, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Beckham Putra, Brylian Aldama, Mochammad Supriadi; Saddam Gaffar, Braif Fatari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.