Sukses

Liverpool Pamerkan Gelandang Kelas Dunia Thiago Alcantara

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool meresmikan kedatangan Thiago Alcantara, Jumat (18/9/2020). The Reds dilaporkan mendatangkannya dari Bayern Munchen dengan biaya 30 juta euro plus bonus tergantung penampilan.

Dalam keterangannya, Liverpool tidak mengumumkan durasi kontrak pemain Spanyol berdarah Brasil itu. Namun, kabar yang beredar mereka mengikatnya hingga 2024.

The Reds dan Bayern Munchen mencapai kesepakatan harga sehari sebelumnya. Thiago Alcantara kemudian terbang ke Inggris dan tiba di Melwood, markas Liverpool, pagi ini waktu setempat.

"Perasaan luar biasa. Saya sudah menunggu momen ini sejak lama dan bahagia berada di sini," kata Thiago, dilansir situs resmi klub.

"Saya ingin juara sebanyak mungkin. Saya yakin Liverpool memiliki harapan sama," sambungnya.

Thiago jadi transfer besar pertama Liverpool musim ini. Sebelumnya The Reds menggaet Kostas Tsimikas untuk menjadi pelapis Andy Robertson. 

2 dari 5 halaman

Bayern Munchen Enggan Melepas

Bayern Munchen sebenarnya ingin mempertahankan Thiago. Juara Liga Champions 2019/2020 itu menawarkan perpanjangan terhadap kontrak yang hangus 2021.

Namun, Thiago ingin mencari tantangan baru. Bayern pun melepasnya sekarang ketimbang tidak mendapat apa-apa tahun depan.

Liverpool juga sudah lama dikaitkan dengan Thiago. Tapi, mereka semula hanya mau menyetor 20 juta euro. Klub Merseyside itu akhirnya menyerah menuruti banderol yang ditetapkan Bayern. 

3 dari 5 halaman

Ucapan Selamat dari Bayern Munchen

Pelatih Bayern Munchen Hansi Flick sebelumnya mengucapkan selamat kepada Liverpool karena sudah mendapatkan pemain kelas dunia. "Thiago adalah pemain luar biasa selama tujuh tahun untuk Bayern," kata Flick dilansir Metro.

"Caranya bermain memperkaya strategi kami. Dia merupakan pemain yang mengejutkan karena mampu memecahkan masalah-masalah dengan cara yang tidak diperkirakan orang-orang lain."

"Merupakan suatu kegembiraan untuk dapat bekerja bersama dia. Dia merupakan sosok yang sangat profesional dan orang yang hebat. Saya ucapkan selamat kepada Klopp. Ia mendapatkan pemain papan atas dan sosok yang sensasional," ungkap Flick. 

4 dari 5 halaman

Karier Thiago

Besar di akademi Barcelona, Thiago pindah ke Bayern pada 2013 pada saat bersamaan dengan kedatangan Pep Guardiola. Sejak itu dia menjadi sosok penting untuk lapangan tengah Bayern.

Thiago telah membantu Bayern memenangi tujuh gelar Bundesliga serta membawa klub Bavaria itu menjuarai Liga Champions musim lalu.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Liverpool Berikut Ini