Sukses

Ketua PSSI: Nasib Piala Asia U-19 Bakal Ditentukan Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 tengah mempersiapkan diri untuk tampil pada Piala Asia U-19 yang rencananya akan berlangsung di Uzbekitan pada Oktober mendatang. Namun pandemi virus Corona COVID-19 yang belum kunjung berakhir membuat nasib turnamen ini tidak menentu hingga saat ini. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule, dalam sambutannya jelang perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ditayangkan secara live melalui situs berbagai video, Selasa (8/9/2020), menyatakan bahwa kepastian bakal segera diumumkan oleh AFC. 

"Hari ini akan diputuskan apakah turnamen Piala Asia U-19 berjalan atau tidak," kata Iwan. 

Iwan menambahkan, bahwa saat ini, Timnas Indonesia U-19 sampai saat ini masih menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Program ini bisa terlaksana berkat bantuan dari pemerintah. 

"Terima kasih kepada bapak Presiden (Joko Widodo) dan Menpora (Zainudin Amali) yang membantu PSSI dengan pendanaan yang besar sehingga anak-anak timnas U-19 bisa TC di luar," ujar Iwan.

 

 

2 dari 4 halaman

Di Tangan AFC

Sebelumnya, AFC  tengah mengkaji ulang pelaksanaan Piala AFC U-16 dan U-19 2020 . Kemungkinan besar, dua kompetisi itu akan ditunda kembali akibat pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda. Padahal saat ini PSSI tengah mempersiapkan timnas Indonesia menghadapi dua event ini.

“AFC telah mengirim surat kepada para federasi sepakbola di bawah naungannya untuk mengkaji kemungkinan penjadwalan ulang Piala AFC U-16 dan U-19 yang akan digelar di Bahrain dan Uzbekistan,” demikian pernyataan Federasi Sepakbola Uzbekistan (UFA) melalui situs resminya.

Uzbekistan sudah bersiap untuk menyambut Piala AFC U-19 pada 14-31 Oktober mendatang. Pemerintah sudah menggelontorkan dana dan membuka program relawan untuk membantu menyukseskan acara ini. Timnas Indonesia U-19 juga dijadwalkan untuk ikut dalam turnamen ini. 

Namun, apabila beberapa negara peserta menginginkan menunda perhelatan, Uzbekistan tidak bisa melakukan banyak hal. Semua keputusan berada di tangan AFC saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Komite Eksekutif AFC akan mengambil keputusan yang tepat terkait masalah ini. AFC akan merundingkan kembali dan mengumumkan secepatnya apabila ada perubahan jadwal.

 

3 dari 4 halaman

TC di Kroasia

Timnas Indonesia U-19 sendiri masih mengikuti pemusatan latihan di Kroasia. Selain berlatih, Garuda Muda juga menjalani laga International U-19 Friendly Tournament 2020. Pertandingan ini akan dimainkan di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9/2020).

Laga ini menjadi yang kedua bagi Timnas Indonesia U-19 selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong melawan Bulgaria pada Sabtu (5/9/2020) lalu dan kalah 0-3. 

Setiap hari skuat Garuda digenjot latihan tiga kali pada pagi, sore, dan malam hari. "Seperti yang sering saya bilang, saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Intinya tim ini masih berproses," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan usai melawan Bulgaria, Timnas Indonesia U-19 diberikan menu recovery training. Ia pun juga kembali memberikan beberapa evaluasi yang harus dilakukan Garuda Muda usia melawan Bulgaria.

(Selengkapnya baca di sini)

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini