Sukses

HUT ke-75 RI, Timnas U-16 Gelar Upacara sebelum Latihan

Timnas U-16 tengah menjalani pemusatan latihan sebelum mengikuti Piala AFC.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan menggelar upacara di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (17/8/2020).

Upacara berlangsung di sela-sela pemusatan latihan yang tengah dijalani. Pelatih timnas U-16 Bima Sakti bertindak sebagai pembina upacara.

"Sesuai dengan arahan Ketua Umum PSSI Bapak Mochamad Iriawan, kami dari tim nasional U-16 hari ini mengadakan upacara bendera. Tujuannya agar dapat menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia, sejak usia dini," kata Bima Sakti, dilansir situs resmi PSSI

Uparaca berlangsung dengan khidmat, tertib dan lancar. Bima Sakti berharap momen ini menjadi pembelajaran bagi pemain timnas saat membela negara di lapangan.

"Saya katakan tadi ke pemain untuk mencontoh perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan. Pemain kini berjuang dengan cucuran keringat dan usaha, berbeda dengan para pejuang, yang harus mencurahkan keringat, darah bahkan berujung kematian," ungkapnya.

"Semua dilakukan tanpa kenal lelah, demi Indonesia. Semangat pantang menyerah dari para pejuang itu yang harus di contoh dan tertanam di dalam jiwa dan raga para pemain," tegas Bima.

 

Saksikan Video Timnas U-16 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lanjut Latihan

Usai upacara bendera, timnas kembali melanjutkan program TC. Marcel Januar Putra dan kawan-kawan menjalani berbagai program latihan untuk mendongkrak fisik, taktik, dan teknik permainan sepak bola. Materi yang diberikan merupakan bagian dari filosofi sepak bola Indonesia.

“Latihan hari ini, kita banyak pengulangan kembali tentang filosofi permainan kami, termasuk Filanesia di dalamnya. Karena itu dasar dan model permainan kita, nanti bagaimana taktik, strategi, build up dari bawah, secara konstruktif kemudian progresif, serta yang paling penting, pemain semua harus agresif,” jelas Bima.

“Yang perlu ditekankan kembali adalah bagaimana mereka bisa menerapkan transisi baik dari bertahan ke menyerang, begitu pula sebaliknya. Itu sangat penting. Karena kita pemain kecil-kecil dan cepat-cepat, kita harus mengantisipasi agar kita tidak terkena serangan balik lawan.”

3 dari 4 halaman

Bagian Evaluasi

Latihan juga sebagai bagian dari evaluasi timnas usai uji coba melawan SSB POR Uni Bandung. Timnas menang 2-0 di laga tersebut.

"Ini juga sekaligus evaluasi dari hasil uji coba sebelumnya. Transisi dari menyerang ke bertahan secara cepat, belum saya lihat, dan itu menjadi catatan saya untuk di evaluasi dan perbaiki agar bisa lebih kita tingkatkan lagi. Harapannya juga supaya pemain bisa lebih banyak mengerti," ucap Bima.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Timnas

Timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC 2020 yang berlangsung pada 25 November hingga 12 Desember 2020. Timnas masuk Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tampil di turnamen tersebut. Tim yang masuk semifinal akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.