Sukses

Hadapi Covid-19, Kolombia Apresiasi Indonesia

Kolombia berterima kasih atas bantuan Indonesia di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 telah merepotkan banyak orang di berbagai belahan dunia. Sejak ada Covid-19, tempat usaha hingga bandara harus ditutup demi keselamatan bersama.

Ditutupnya bandara akibat Covid-19 membuat banyak maskapai menghentikan operasionalnya. Akibatnya banyak orang terlunta-lunta tak bisa kembali ke negaranya.

Kolombia termasuk salah satu negara yang dipusingkan dengan tak bisa pulangnya warga negara mereka yang sedang berada di luar negeri.

Untungnya Kolombia mendapat bantuan dari Indonesia. Sebanyak 366 warga negara Kolombia yang terjebak di 19 negara berbeda pada wilayah Asia, Oseania, Eropa, dan Afrika dikarenakan situasi darurat Covid-19 berhasil dipulangkan.

Menteri Luar Negeri Kolombia, Claudia Blum pun berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Indonesia terutama PT INUKI (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersyukur

Dalam sebuah seremoni yang sederhana dengan tema “40 tahun hubungan bilateral Indonesia & Kolombia – Meningkatkan Konektivitas & Pertumbuhan Transportasi Udara Indonesia dan Kolombia” yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Kolombia, Duta Besar Kolombia, Yang Mulia Juan Camilo Valencia mempersembahkan surat apresiasi yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Kolombia, Claudia Blum kepada Bunjamin Noor, Direktur Produksi PT INUKI (Persero) dan Irfan Setiaputra, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Menteri Blum menyampaikan rasa syukur dan terima kasih dari Pemerintah Kolombia untuk dukungan yang diberikan dalam proses koordinasi dan logistik dalam penerbangan misi kemanusiaan yang telah berhasil memulangkan 366 warga negara Kolombia.

Pemerintah Kolombia, diwakili oleh Kedutaan Besarnya di Indonesia, telah menunjuk PT INUKI (Persero) untuk menjadi koordinator upaya repatriasi ini.

Kepercayaan di antara mereka telah terbangun melalui pembicaraan dan kolaborasi yang terjalin selama berbulan-bulan dalam rangka merealisasikan ekspor radiofarmaka ke Kolombia dan juga Aliansi Pasifiknya (The Pacific Alliance).

3 dari 3 halaman

Kolaborasi

Sejak penunjukannya, PT INUKI (Persero) telah menjembatani komunikasi dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dan selama satu setengah bulan, bersama dengan Kedutaan Besar Kolombia untuk melaksanakan sebuah upaya repatriasi antar-negara yang signifikan.

“Saya percaya masih ada sejumlah warga negara Kolombia yang masih terjebak dan belum dapat pulang ke negaranya, maka kami siap sedia untuk penerbangan kedua dan juga dukungan penuh dari Garuda, untuk merealisasikan penerbangan tersebut dalam waktu dekat," ujar Bunjamin Noor.

“Kami berterimakasih atas kesempatan untuk dapat turut andil dalam memperkuat hubungan harmonis antara Indonesia dan Kolombia melalui Penerbangan Repatriasi Warga Negara Kolombia. Kami percaya bahwa sinergi dalam kolaborasi berkesinambungan adalah semakin penting dalam kondisi prihatin ini," kata Irfan Setiaputra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini