Sukses

3 Formasi Menjanjikan Juventus dengan Bergabungnya Arthur Melo dan Dejan Kulusevski

Turin - Juventus bergerak cepat di bursa transfer menyambut musim depan. Padahal, kompetisi musim ini belum selesai..

Sudah dua pemain yang didatangkan Juventus. Pertama, tim berjuluk Si Nyonya Tua itu memboyong winger muda Swedia Dejan Kulusevski dari Atalanta pada bursa transfer musim dingin lalu. Juventus menebusnya dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp 563 miliar.

Kulusevski dibiarkan tetap tinggal di Parma sebagai pemain pinjaman di sisa musim ini. Pemain berusia 19 tahun itu baru akan bergabung pada musim depan.

Selain Kulusevski, Juventus dengan cermat memboyong Arthur Melo. Pemain asal Brasil itu didapatkan melalui sistem tukar guling dengan Barcelona.

Demi Arthur, Juventus merelakan Miralem Pjanic plus uang sekitar Rp161 miliar. Kedatangan dua pemain baru tentu akan menambah variasi pakem pelatih Maurizio Sarri untuk musim depan.

Ada tiga formasi yang diyakini akan dipakai Juventus untuk Serie A 2020-2021 dengan kedatangan Arthur dan Kulusevski. Berikut perkiraannya:

2 dari 4 halaman

4-3-1-2

Dengan materi yang ada, formasi 4-3-1-2 paling cocok untuk mengakomodasi skuat Juventus. Arthur bisa diplot sebagai gelandang kanan yang ditemani oleh Rodrigo Bentancur dan Blaise Matuidi.

Meski begitu, pakem ini tidak cocok untuk Kulusevski, yang terbiasa berperan di winger kanan. Pemain berkaki kidal itu terpaksa ditaruh di bangku cadangan.

3 dari 4 halaman

4-3-3

Formasi ini yang paling ideal untuk Arthur dan Kulusevski. Nama pertama masih diplot sebagai gelandang kanan bersama Bentancur sebagai gelandang tengah dan Ramsey di posisi gelandang kiri.

Kulusevski akan menyisir di posisi winger kanan dengan Paulo Dybala sebagai penyerang tengah dan Cristiano Ronaldo sebagai winger kiri.

Formasi ini cenderung lebih menyerang dan cocok untuk diterapkan kepada pemain dengan kreativitas yang tinggi seperti Kulusevski.

4 dari 4 halaman

4-3-3

Jika Juventus gagal menjual Gonzalo Higuain, maka penyerang asal Juventus itu mau tidak mau akan sering dimainkan pada musim depan. Praktis, Kulusevski terancam dijadikan tumbal.

Pakem 4-3-3 akan menaruh Higuain sebagai penyerang tengah, dengan Dybala digeser ke posisi winger kanan. Sementara winger kiri masih diisi oleh Ronaldo.

Arthur masih aman di lini tengah. Kali ini, pemain berusia 23 tahun itu akan berpartner dengan Blaise Matuidi dan Bentancur.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Wiwig Prayugi, Published 2/7/2020)