Sukses

Kenapa Ducati Beri Izin Andrea Dovizioso Ikut Balapan Motocross?

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit akibat mengalami kecelakaan saat tampil pada kejuaraan motocross, Minggu (28/6/2020). Insiden itu terjadi saat Dovi bertarung di kejuaraan motocross lokal di Emilia Romagna, Italia.

Saksi mata menjelaskan, bila Andrea Dovizioso terjatuh dan mendarat keras di tanah dengan bertumpu pada bahu kirinya. Pembalap Italia itu mengalami patah tulang selangka dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat, Forli.

Seperti dilansir Crash, Ducati telah mengkonfirmasi kejadian ini. Menurut pabrikan asal Italia itu, Andrea Dovizioso kini telah ditangani oleh dokter sepsialis, Profesor Porcellini dan telah menjalani operasi.

Kondisi Dovi tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan. Sebab sesi res resmi MotoGP di sirkuit Jerez hanya menyisakan waktu dua pekan lagi, yakni 19 dan 26 Juli 2020. Tidak sedikit yang menyayangkan keputusan Ducati memberi izin bagi Dovi tampil di ajang itu.

"Meskipun kami tahu motocross kegiatan yang beresiko, kami tetap mengizinkan Andrea (Dovizioso) untuk berpartisipasi pada balapan regional itu karena dia menjelaskan dia ingin mengembalikan lagi sensasi dan stimulus balapan yang hanya bisa didapat dari lomba nyata," kata Direktur Sport Ducati, Paolo Ciabatti seperti dilansir dari Crash.

"Di sisi lain, motocross juga salah satu kegiatan yang banyak diikuti oleh pembalap MotoGP lainnya. Jadi pada akhirnya, kami lega bahwa cedera itu tidak membawa konsekuensi serius dan Andrea akan dapat [berpartisipasi] pada awal kejuaraan 2020 di Jerez," beber Ciabatti menambahkan.

 

2 dari 3 halaman

Hobi Para Pembalap MotoGP

Motocross selama ini memang menjadi alternatif bagi para pembalap MotoGP dalam mengisi waktu di sela-sela jadwal balapan. Kegiatan ini dianggap ideal untuk menjaga para pembalap MotoGP menjaga kebugaran dan kemampuan mereka dalam balapan.

Layaknya ajang kebut-kebutan roda dua lainnya, motocross juga punya resiko. Meski demikian, hal itu tidak menghalangi para pembalap seperti Dovi untuk ambil bagian.

 

3 dari 3 halaman

Kenapa Petrucci Tidak Tampil?

Pembalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci, juga penggemar motocross. Namun dia tidak ikut tampil pada kejuaraan Minggu lalu. Ducati sendiri kepada Crash.net telah menyampaikan kalau mereka tidak melarang Petruci untuk tampil pada kejuaraan itu, tapi keputusan itu atas dasar keinginannya sendiri.