Sukses

Sukses Rebut Coppa Italia, Gattuso Ingin Bawa Napoli ke Liga Champions

Liputan6.com, Roma - Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, menyambut gembira keberhasilan timnya merebut trofi Coppa Italia 2019/2020. Ini sekaligus menjadi gelar perdana yang berhasil direbut Si Badak selama jadi pelatih. 

Bermain di Stadio Olimpico, Napoli menang 4-2 (0-0) dalam drama adu penalti melawan Juventus, Kamis dini hari WIB (18/6/2020). Bagi Gatusso, gelar ini semakin terasa spesial mengingat dia baru saja menangani Napoli. Gattuso menggantikan Carlo Ancelotti yang dipecat Desember lalu. 

Gelar juara ini juga menjadi penghiburan bagi Gattuso yang baru kehilangan kekak tercinta akibat sakit. "Hidup dan terutapa sepak bola telah memberi saya begitu banyak dari yang saya berikan kepadanya. Dia membuat saya jadi laki-laki," kata mantan gelandan timnas Italia tersebut. 

"Dalam hidup ini, Anda selalu menempatkan orang tua dan keluarga di atas segalanya, jadi apa yang secara alamai terjadi kadang sulit diterima. Saya semangat besar di sepak bola. Saya tahu, saya tidak bisa melepaskan itu bahkan hanya untuk sesaat," kata Gattuso kepada RAI Sport.

 

2 dari 3 halaman

Hormati Karier

Gattuso juga mengaku merasa terhormat menempati jabatannya saat ini. Dan menurutnya, siapapun harus menghormatinya. Gattuso mengaku sangat marah bila melihat pemainnya tidak bergairah. 

"Seperti saya tidak menyesali karier saya dan itulah yang saya inginkan dari para pemain. Saya percaya pada Tuhan Sepak bola, ketika Anda melakukannya dengan benar, Anda menuai apa yang telah Anda tabur dan itu kembali kepada Anda semua," ujar mantan gelandang AC Milan itu. 

 

3 dari 3 halaman

Incar Jatah Liga Champions

Setelah sukses merebut Coppa Italia, Gattuso meminta para pemainnya tidak berhenti bekerja keras. Sebab mereka kini menargetkan untuk bisa melaju ke panggung lebih besar, Liga Champions. 

"Itu tugas kami untuk memainkan 12 laga Serie A dengan rasa hormat. Sudah tugas kami untuk mencoba, kami tidak boleh puas hanya meraih gelar ini. Ini berat, ada jarak yang besar, tapi kami harus mengupayakan yang terbaik," ujar Gattuso menambahkan. 

Di papan klasemen Serie A, Napoli masih bercokol di urutan keenam dengan 39 poin.