Sukses

PT LIB Susun Garis Waktu Lanjutan Shopee Liga 1 2020

Sebelumnya PSSI melontarkan rencana untuk melanjutkan Shopee Liga 1 dan 2 2020, yang diliburkan sejak Maret karena pandemi virus Corona (Covid-19), mulai September atau Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Plt Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno menyatakan pihaknya tengah memperkirakan kembali bergulirnya Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

"Kami sedang menyusun timeline rencana kelanjutan kompetisi. Sementara untuk kepastian lanjutan liga dan regulasi masih dalam pembahasan," ujar Sudjarno kepada Antara.

Menurutnya, salah satu kegiatan yang masuk dalam garis waktu PT LIB adalah lokakarya (workshop). Acara ini digelar untuk membahas hal-hal teknis tentang rencana lanjutan liga termasuk protokol kesehatan. "Namun waktu pelaksanaan workshopnya belum bisa dipastikan," kata Sudjarno.

PSSI melontarkan rencana untuk melanjutkan Shopee Liga 1 dan 2 2020, yang diliburkan sejak Maret karena pandemi virus Corona (Covid-19), mulai September atau Oktober 2020.

Jika kembali bergulir, PSSI menyarankan supaya pelaksanaan pertandingan seluruhnya dilaksanakan di Pulau Jawa demi mencegah penyebaran COVID-19.

Namun, dalam prosesnya, dua tim asal Sumatera yaitu Persiraja Banda Aceh dan Sriwijaya menyatakan siap menjadi salah satu tuan rumah pertandingan Shopee Liga 1 dan 2.

Terkait hal itu, Sudjarno menegaskan bahwa PT LIB belum membicarakan apapun. "Pembicaraan kami belum sampai ke sana," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usulan PSSI untuk Liga 1

Dalam rapat virtual dengan PT LIB, seluruh klub Liga 1 dan 2, Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) serta Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) pada Selasa (2/6/2020), PSSI memaparkan usulan berlanjutnya kompetisi tahun ini mulai September atau Oktober 2020.

Lengkapnya, saran PSSI untuk Shopee Liga 1 musim 2020 adalah, pertama, kompetisi bergulir kembali pada September atau Oktober 2020 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kedua, pembayaran subsidi pertermin dinaikkan dari Rp520 juta menjadi Rp800 juta. Ketiga, tidak ada degradasi dan, terakhir, pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa agar seluruh tim tidak perlu berada di tempat publik terutama bandara.

3 dari 3 halaman

Usulan untuk Liga 2

Kemudian, untuk Liga 2 2020, PSSI menyarankan kompetisi bergulir kembali mulai Oktober sampai Desember 2020, subsidi pertermin dinaikkan menjadi Rp200 juta dan tanpa degradasi.

Selain itu, hanya ada dua tim, sebelumnya tiga, yang akan promosi ke Liga 1. Pertandingan Liga 2 juga diusulkan di Pulau Jawa dengan format "home tournament". Sebanyak 24 tim peserta dibagi menjadi empat grup, di mana masing-masing digrup dihuni enam klub.

PSSI akan menggelar rapat komite eksekutif (Exco) untuk membuat keputusan akhir soal kelanjutan liga termasuk teknis dan penjadwalan. Namun, belum ada informasi resmi mengenai kapan rapat itu dilaksanakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini