Sukses

Bulan Ramadan, Begini Cara Atasi Masalah Pencernaan Usai Berbuka Puasa

Jakarta - Berpuasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi umat Muslim. Mereka harus menahan hawa nafsu termasuk makan dan minum dari Subuh hingga Maghrib.

Begitu adzan Maghrib tiba, semua makanan yang ada di meja makan akan kamu santap tanpa melihat nutrisi dan membuat lambung penuh seketika. Hal ini akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Perut akan terasa berat, dan nyeri.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan yoga. Berlatih yoga di bulan Ramadan tidak hanya dapat meningkatkan ritual spiritual kamu, tetapi juga dapat menjadi teman terbaik untuk sistem pencernaan.

Beberapa gerakan yoga, jika dipraktikan sebelum berbuka puasa dapat memperlancar pencernaan dan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut seperti kembung ataupun sembelit.

Melansir dari The Daily Crisp, berikut adalah beberapa tips untuk latihan yoga yang aman dan efektif selama bulan Ramadan.

1. Dengarkan tubuh

Tubuh yang akan tahu bagaimana kondisi badan kamu dan kapan harus berhenti jika mungkin sudah terlalu lelah. Ada baiknya untuk kamu tidak memforsir tubuh.

2. Atur pernapasan

Kesadaran bernafas membantu melepaskan emosi yang tersimpan pada otot dan memungkinkan aliran energi yang lebih baik ke tubuh. Fokus pada pernapasan sambil melakukan gerakan yoga untuk mengurangi kemungkinan cedera.

3. Mengonsumsi nutrisi dan air yang cukup

Memperhatikan nutrisi dan air yang masuk ke dalam tubuh saat berpuasa di bulan Ramadan sangatlah penting. Jika kamu ingin yoga, pastikan asupan air kamu cukup dan selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar tubuh tetap berenergi dan terhidrasi.

2 dari 2 halaman

Berkonsultasi dengan dokter ahli

Jika kamu memiliki kasus cedera punggung, radang usus, cedera lutut ataupun kondisi kesehatan lainnya, sebelum melakukan yoga ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter.

Disadur dari: Fimela (Penulis: Dina, editor Adinda Tri, published 5/5/2020)