Sukses

5 Teknik Latihan Basket di Dalam Rumah saat Pandemi Virus Corona Covid-19

Berikut lima teknik latihan basket yang bisa dilakukan di dalam rumah selama ada virus corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Virus corona Covid-19 masih menjadi ancaman bagi seluruh dunia. Penyebaran virus yang awalnya berasal dari Wuhan itu sangat cepat. Kini sudah hampir 200 negara di dunia yang terjangkit.

Guna mengurangi penyebaran virus corona Covid-19, kampanye diam di rumah saja digaungkan di seluruh dunia. Masyarakat diminta tetap di dalam rumah saja jika tak ada keperluan mendesak.

National Basketball Association (NBA) menyadari bahwa berdiam diri di rumah untuk jangka waktu panjang dapat menyulitkan. Maka dari itu, NBA meluncurkan Jr. NBA at Home sebagai bagian dari NBA Together, yang kini dapat diakses di cares.nba.com/nbatogether/.

Hingga saat ini, NBA telah mempublikasikan berbagai video Jr. NBA at Home yang telah ditonton sebanyak 5,4 juta kali, guna menginspirasi anak muda di seluruh dunia. Jr. NBA at Home merupakan seri konten gratis dan interaktif, menampilkan berbagai keterampilan dan latihan basket yang dapat dilakukan seorang diri maupun di ruang terbatas.

Berkolaborasi dengan pemain serta pelatih NBA dan WNBA, Jr. NBA at Home bertujuan untuk menginspirasi anak-anak di seluruh dunia untuk tetap aktif dengan cara yang sehat dan aman. Hal ini juga membuktikan bahwa berlatih basket dapat dilakukan pada ruang terbatas dengan atau tanpa teman sangat memungkinkan!

Penasaran apa saja latihannya? Simak ulasan macam-macam latihan/teknik basket yang dapat kamu lakukan di rumah saat pandemi virus corona Covid-19! Tentunya, kamu pun akan dilatih langsung oleh pemain NBA dan WNBA!

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. 2 Balls Dribble Drill oleh Jaren Jackson Jr

Perkuat kemampuan mengendalikan bola kamu dengan belajar dari forward Memphis Grizzlies, Jaren Jackson! “Look up - alternate - lower,” jelas Jaren, yang terpilih dalam urutan keempat NBA Draft 2018 dan mendapatkan gelar NBA All-Rookie First team pada 2018-2019, sambil menunjukan cara men-dribble dua bola di rumahnya.

Pada video tersebut, teknik ini dimulai dengan men-dribble dua bola secara bersamaan, lalu bergantian antara tangan kiri dan kanan. Selanjutnya turun, lalu men-dribble secara bersamaan.

3 dari 6 halaman

2. Larry Nance Jr. menunjukan teknik lunges yang baik

Teknik sederhana lain yang dapat kamu lakukan di rumah adalah salah satu latihan favorit Larry Nance dari Cleveland Cavaliers dalam menjaga bentuk tubuh. Teknik lunge yang tepat akan membantu kamu memiliki core yang stabil, melatih keseimbangan tubuh, dan memperkuat bagian bawah tubuh.

Pada videonya, pria bertubuh besar ini menunjukan langkah-langkah, postur, set, dan jumlah repetisi yang tepat dalam melakukan lunge.

4 dari 6 halaman

3. Balance, Balance, Shot Drill yang ditunjukan oleh Rick Carlisle

Selanjutnya, latihan yang ketiga yang dicontohkan langsung oleh Rick Carlisle, Kepala Pelatih Dallas Maverick, yaitu Balance, Balance, Shot Drill! Tidak perlu mengkhawatirkan ada atau tidaknya lapangan/ring, kamu hanya perlu bola basket untuk berlatih teknik ini!

Tiga langkah mudah ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan menembak (shoot) dan memiliki posisi menembak yang tepat.

5 dari 6 halaman

4. Serangkaian olahraga di rumah oleh Jewell Loyd

Untuk menjaga kebugaran, kesehatan, dan kesiapan tubuh, kamu perlu melakukan olahraga secara rutin. Masih bingung bagaimana memulainya? Kamu bisa mengikuti instruksi yang dibuat oleh Jewell Loyd, juara WNBA 2018 yang telah terpilih dalam WNBA All-Star Games sebanyak dua kali.

Dia memberikan serangkaian latihan kebugaran termasuk squat, reverse lunge, squat jump, split squat jump, mountain climber, sit-up, side-to-side jump, dan front-to-back jump.

6 dari 6 halaman

5. Ball Bouncing Drill oleh legenda NBA, Muggsy Bogues

Teknik lain yang bisa kamu lakukan seorang diri di ruangan terbatas adalah Ball Bouncing Drill, yang akan diajarkan oleh Muggsy Bogues. Latihan ini berguna untuk memperkuat bagian core, lutut, dan pergelangan kaki.

Oh ya, apakah kamu tahu fakta menarik tentang Muggsy Bogues? Ya, tepat sekali! Ia dikenal sebagai adalah pemain dengan tinggi badan terendah yang pernah bertanding di NBA, selain itu sosoknya menjadi inspirasional karena pernah memimpin karir Hornet dalam assists dan steals.

Pada 2018, ia pun sempat mengunjungi Indonesia dan berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Jr. NBA Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini