Sukses

Presiden UEFA Buka Peluang Seluruh Kompetisi Musim Ini Dibatalkan Akibat Pandemi Virus Corona Covid-19

Jakarta - Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengeluarkan pernyataan menarik terkait pandemi virus corona covid-19 yang menganggu dunia sepak bola. Ia membuka peluang untuk membatalkan semua kompetisi yang sudah berjalan.

Menurut Ceferin, yang bisa dilakukan saat ini hanya menunggu. Skenario terburuknya adalah jika sepak bola tetap belum bisa dilanjutkan kembali pada bulan Juni 2020.

"Di momen dramatis ini, yang paling penting adalah kesehatan orang-orang, juga untuk keluar dari krisis ini," kata Ceferin kepada La Repubblica. "Tentu saja, interupsi terhadap sepak bola berarti Eropa dan seluruh dunia telah terhenti."

"Kita tidak tahu kapan pandemi virus corona covid-19 ini akan berakhir," lanjut Ceferin. "Namun, kami punya rencana A, B, bahkan C."

"Kami terus menjalin kontak dengan liga-liga, dengan klub-klub. Ada grup yang bekerja untuk itu. Kita harus menunggu, sama seperti sektor-sektor lainnya."

2 dari 2 halaman

Solusi Terbaik

Ada beberapa solusi yang disiapkan UEFA untuk menyikapi situasi ini. Namun, jika tidak terealisasi, seluruh kompetisi sepak bola di Eropa bisa hilang.

"Bisa dimulai lagi di pertengahan Mei, pertengahan Juni, atau akhir Juni. Jika itu tidak berhasil, maka musim ini kemungkinan hilang."

"Ada pula proposal untuk mengakhiri musim ini di awal musim depan, yang kemudian membuatnya (musim depan) ditunda, dimulai sedikit terlambat."

"Kita akan cari solusi terbaik untuk masing-masing liga dan klub."

"Sulit membayangkan semua laga harus digelar tanpa penonton," lanjut Ceferin. "Namun, sekarang kita bahkan tidak tahu apakah kita masih bisa lanjut, dengan atau tanpa penonton."

"Jika tak ada alternatif lain, masih lebih baik untuk menyelesaikan kompetisi-kompetisi. Saya bisa bilang bahwa saya tak berpikir tentang final European Cup tanpa penonton," imbuh sang presiden UEFA.

Sumber: La Repubblica

Disadur dari: Bola.net (penulis: Gia Yuda Pradana, published 28/3/2020)