Sukses

11 Makanan yang Bagus untuk Meningkatkan Daya Ingat

Liputan6.com, Jakarta- Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat ternyata ada sangat banyak. Namun, banyak yang belum mengenal makanan yang dapat meningkatkan daya ingat tersebut.

Padahal penting untuk diketahui apalagi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan agar dapat berkonsentrasi dan dapat menerima pelajaran di sekolah dengan baik.

Dalam hal ini orang tua penting untuk menjaga dan memperhatikan asupan makanan anak, terutama makanan yang dapat meningkatkan daya ingat sang anak. Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi dari makanan. Makanan dapat membantu anak untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Memulai hidup sehat tentunya harus sudah diterapkan ibu kepada anak sejak dini, mengatur pola makanan dan asupan gizi yang seimbang. Seorang ibu harus memperhatikan makanan untuk anak agar sang buah hati dapat memiliki daya ingat yang kuat.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Jum'at (13/3/2020) 11 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat yang penting untuk diketahui.

2 dari 4 halaman

1-4

Setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya untuk menambah tenaga dan konsentrasi saat beraktivitas. Selain itu juga penting untuk memperhatikan kandungan dan gizi makanan agar dapat meningkatkan daya ingat. Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat tentunya bermanfaat dan dapat membantu seseorang tetap fokus dan konsentrasi ketika bekerja, khususnya dapat meningkatkan daya ingat anak sekolah agar dapat menerima pelajaran dengan baik.

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat, beberapa di antaranya yaitu:

1. Gandum Utuh atau Wholegrains

Gandum utuh merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat kamu ketika sedang beraktivitas. Kemampuan berkonsentrasi dan fokus berasal dari persediaan energi yang memadai dan stabil. Persediaan ini berbentuk glukosa dalam darah kita yang mengalir ke otak. Untuk mendapatkan ini, kamu bisa memilih wholegrains dengan indeks glikemik rendah.

2. Blueberry

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat selanjutnya yaitu buah blueberry. Buah segar satu ini bisa membantu kamu untuk berkonsentrasi lebih tajam. Menurut bukti akumulasi di Tufts University di Amerika Serikat menunjukkan konsumsi blueberry mungkin efektif dalam memperbaiki atau menunda kehilangan memori jangka pendek. Blueberry adalah salah satu buah yang mengandung senyawa pelindung yang disebut anthocyanin.

3. Alpukat

Selain mudah ditemukan, buah satu ini bisa diolah menjadi makanan atau minuman yang bergizi sesuai dengan keinginan kamu. Alpukat juga merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat kamu lho.

Menurut penelitian dari Benefits of Natural Products for Neurodegenerative Diseases, alpukat mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif yang muncul dalam proses penuaan seperti Alzheimer dan Parkinson. Mendapatkan asupan lemak tunggal tak jenuh dari alpukat juga turut menjaga kesehatan aliran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Jamur

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah jamur. Makanan satu ini tentu menjadi salah satu makanan favorit yang disukai banyak kalangan. Jamur sudah terbukti dapat mengurangi gangguan kognitif ringan atau mild cognitive impairment (MCI), dimana kondisi ini merupakan tahap penurunan kognitif yang terjadi selama penuaan dan demensia yang sebenarnya.

Penelitian dari Journal of Alzhaimer's Disease menemukan bahwa mengonsumsi 300 gram atau lebih jamur per minggu selama 6 tahun dapat menurunkan risiko MCI sebanyak 57%. Riset ini melibatkan partisipan dari usia 60 tahun ke atas.

3 dari 4 halaman

5-8

5. Dark Chocolate

Dark Chocolate adalah salah satu makanan yang selalu menjadi penolong ketika mood kamu sedang tidak baik. Namun tahukah kamu, jika dark chocolate adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat kamu juga lho.

Kandungan Antioksidan dan Flavonoid dalam dark chocolate dikenal sebagai zat anti inflamasi, dan ternyata dapat meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian yang diterbitkan FASEB Journal, mengonsumsi dark chocolate dengan setidaknya 70% kandungan kakao akan meningkatkan frekuensi gamma dalam otak. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat setelah mengonsumsinya dan bertahan selama dua jam.

6. Telur

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah telur. Telur merupakan salah satu makanan yang tidak asing dan hampir selalu dijumpai. Telur dapat membantu menunda penyusutan otak. Vitamin B, B6, B12 dan asam folat yang terkandung di dalam telur diketahui dapat mengurangi kadar senyawa yang disebut homosistein dalam darah. Sebuah penelitian terhadap sekelompok pasien lansia dengan gangguan kognitif ringan menemukan setelah dua tahun diobati menggunakan dosis tinggi B6, B12 dan asam folat, secara signifikan mengurangi penyusutan otak.

7. Brokoli

Sayuran hijau satu ini dipercaya menjadi salah satu makanan yang dapat meingkatkan daya ingat. Brokoli adalah sayurang yang memiliki kandungan vitamin K yang hebat yang dapat meningkatkan daya ingat. Vitamin K dikenal dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak.

8. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang dapat meningkatkan daya ingat selanjutnya yang harus kamu konsumsi jika ingin memiliki tingkat konsentasi yang tinggi. Kacang-kacangan adalah sumber vitamin E yang dapat membantu melindungi fungsi otak yang sehat. Sebuah studi yang diterbitkan pada American Journal of Epidemiology menunjukkan asupan vitamin E yang baik dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang tua.

 

4 dari 4 halaman

9-11

9. Tomat

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah tomat. Tomat dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan kuat yang terkandung dalam tomat, dapat membantu melindungi dari jenis kerusakan radikal bebas pada sel-sel yang terjadi dalam pengembangan demensia, terutama Alzheimer.

10. Susu dan Yoghurt

Makanan yang mengandung susu memiliki kandungan vitamin B dan protein yang cukup tinggi. Susu dan Yoghurt adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan daya ingat. Susu dan yoghurt mampu membuat perut kenyang dan sekaligus menjadi sumber energi yang mampu meningkatkan kerja otak.

11. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang dikenal memiliki kandungan yang dapat meningkatkan daya ingat kamu menjadi lebih tajam. Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat satu ini mengandung asam lemak omega-3 (DHA dan EPA). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan lebih banyak asupan lemak omega-3 memiliki daya ingat yang lebih tajam.

Nah, itulah sebelas makanan yang dapat meningkatkan daya ingat kamu dan membantu kamu agar lebih fokus ketika beraktivitas.

Disadur dari Hot Liputan6.com (penulis Selma Intania Hafidha)