Sukses

Reli Dakar 2020: Pembalap Terjatuh di Stage 5, Pesaing Berhenti untuk Menolong

Liputan6.com, Riyadh - Reli Dakar 2020 yang tengah berlangsung di Arab Saudi telah memasuki hari kelima. Persaingan  di seluruh kategori berlangsung ketat. Cuaca ekstrem dan lintasan tak kenal ampun kembali mengadang para pembalap pada stage kelima dari Ha'Il ke Riyadh. 

Namun kabar terbesar di hari kelima bukan soal siapa pembalap yang finis pertama. Perjalanan stage kelima Reli Dakar 2020 justru mencuri perhatian lewat rasa kemanusiaan yang ternyata masih mampu bertahan di tengah ambisi untuk merebut kemenangan pada reli paling ganas di dunia tersebut. 

Kisah ini bermula saat mantan juara Reli Dakar nomor sepeda motor Sam Sunderland terjatuh di kilometer 187. Akibat kejadian ini, korban mengalami cedera di bahu dan pungung. Pembalap KTM itu tidak bisa melanjutkan lomba dan meminta pertolongan dari tim medis.

Seperti dilansir motorsport.com, Sunderland hanya bisa berbaring sembari menunggu bantuan datang. Melihat situasi ini, para pembalap lain yang menjadi pesaing Sunderland segera berhenti. Mereka berusaha membantu Sunderland dan memastikan pertolangan medis terhadap pembalap KTM itu. 

Sebagian bahkan menemani Sunderland hingga helikopter datang untuk mengevakuasi korban. Setelah memastikan korban mendapat perawatan, para pembalap pun kembali melanjutkan lomba. 

"Sam baik-baik saja," ujar bos KTM, Jordi Viladoms. "Dia mengalami cedera di punggung. Patah tulang di beberapa lokasi tapi tidak parah, tanpa kompresi. Operasi tidak terlalu diperlukan," bebernya. 

Sunderland adalah pembalap KTM yang menjuarai Reli Dakar 2017 lalu. Sebelum mengalami kecelakaan, Sunderland sempat memenangkan stage keempat yang berlangsung kemarin. Akibat kejadian ini, posisinya melorot ke urutan keenam klasemen Reli Dakar kategori sepeda motor. 

"Dia juga mengalami cedera di bahu, tetapi tidak ada yang serius. Kami tahu itu Dakar, ini bisa terjadi, dan sekarang kami harus terus maju dengan anggota kami yang lain." beber Jordi Viladoms.

 

2 dari 3 halaman

Carlos Sainz Sr Kembali Memimpin

Pembalap asal Australia, Toby Price akhirnya memenangkan stage kelima kategori sepeda motor dengan catatan waktu 3 jam 57 menit dan 33 detik. Menyusul di posisi kedua, Pablo Quintanilla yang terpaut waktu 1 jam 12 menit. Sedangkan posisi ketiga ditempati Andrew Short (+ 2 menit 31 detik).

Sementara pembalap Spanyol, Carlos Sainz kembali memenangkan stage kelima Reli Dakar kategori mobil dengan catatan waktu 3 jam 52 menit dan 1 detik. Kemenangan ini membuat Sainz kembali ke posisi pertama di klasemen sementara Reli Dakar 2020 dengan catatan 19 jam, 4 menit, dan 59 detik. 

Di posisi kedua menyusul sang juara bertahan Nasser Al-Attiyah yang terpaut 2 menit 56 detik. Sementara posisi ketiga ditempati Stephane Peterhansel yang tertinggal 8 jam dan 29 detik. 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Akhiri Puasa Gelar, Pembalap Honda Ricky Brabec Juara Reli Dakar 2020
Artikel Selanjutnya
Proyek Pipa Gas Pangkas Rute Reli Dakar 2020, Carlos Sainz Semakin Sulit Terkejar