Sukses

Hariono Tinggalkan Persib, Legenda Chelsea Ikut Beri Salam Perpisahan

Mantan bintang Chelsea yang pernah memperkuat Persib Bandung, Michael Essien, juga tak melewatkan momen perpisahan Hariono dengan Persib.

Bandung - Persib mampu menang 5-2 atas PSM Makassar dalam laga terakhir Shopee Liga 1 2019, Minggu (22/12/2019). Laga ini juga menjadi perpisahan bagi Hariono.

Hariono menjalani pertandingan terakhir bersama Pangeran Biru setelah manajemen dan pelatih memutuskan tak akan memperpanjang kontraknya untuk musim depan. 

Puluhan ribu bobotoh meneriakkan nama Hariono setelah pertandingan. Hariono mengucapkan salam perpisahan dan seluruh pemain dan ofisial Persib mengangkat badannya ke udara.

Selain mendapat salam perpisahan menyentuh dari bobotoh di stadion, Hariono juga mendapat beragam pesan di media sosial. Kata kunci Hariono sempat menjadi trending topic Twitter di Indonesia. 

Pesan untuk Harino bukan hanya datang dari bobotoh. Mantan bintang Chelsea yang pernah memperkuat Persib Bandung, Michael Essien, juga tak melewatkan momen perpisahan Hariono dengan  Persib. 

Essien turut memberikan doa yang terbaik untuk Hariono. Dia mengunggah dua foto kebersamaan dengan Hariono saat di Persib melalui akun Instagramnya. 

 

 
 
 
View this post on Instagram

My legend @gondronghariono wish you all the best ⚽️🏃🏿‍♂️👌🏿 #Persib #Bobotoh🤘🏿

A post shared by Michael Essien® ميخائيل (@michaelessien) on

"Legenda saya @gondronghariono, mendoakan yang terbaik untukmu," tulis Essien pada keterangan fotonya. 

Michael Essien pernah merumput bersama Hariono di Persib Bandung pada musim 2017-2018. Meski hanya sebentar di Persib, Essien tampaknya punya kenangan spesial dengan gelandang yang sudah 11 tahun memperkuat Persib Bandung tersebut. 

Saksikan Video Hariono di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ucapan Perpisahan dari Made Wirawan

Bukan hanya Michael Essien yang mengirim pesan khusus untuk Hariono. Kiper Persib Bandung, Made Mirawan, juga mendoakan yang terbaik untuk Hariono. 

Dia mengunggah foto dengan Hariono melalui akun Twitter dan Instagramnya. Made memuji Hariono bukan hanya sebagai pemain yang hebat, tapi seorang legenda. 

"Pemain bagus memenangi pertandingan, pemain hebat memecahkan rekor, legenda mengubah permainan. Sehat dan sukses selalu saudara saya," tulis Made Wirawan.  

3 dari 5 halaman

Nama Hariono Bergema

Sebelumnya, di  laga lawan PSM, nama Hariono bergema di seisi Stadion Si Jalak Harupat. Puluhan ribu bobotoh meneriakkan nama Hariono setelah pertandingan. Hariono mengucapkan salam perpisahan dan seluruh pemain dan ofisial Persib mengangkat badannya ke udara.

Pemain yang sudah 11 musim memperkuat Persib ini menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekanya di tim, manajemen, dan tim pelatih yang pernah berjuang bersama.

"Terima kasih buat semua bobotoh, tanpa kalian saya bukan apa-apa. Jujur dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin pensiun di Persib," tegas Hariono.

4 dari 5 halaman

Nomor 24 Diistirahatkan

Kiprah 11 musim Hariono pun mendapat penghargaan dari manajemen Persib. Melalui situs resminya, Persib mengatakan nomor punggung 24 akan tetap jadi milik Hariono, jika suatu saat nanti sang pemain ingin kembali ke klub tersebut.

Keputusan Persib mengistirahatkan nomor punggung Hariono tersebut mendapat tanggapan beragam dari bobotoh. Ada yang mengapresiasi, tapi juga ada yang menanggapi dengan sindiran langkah Persib tersebut.

5 dari 5 halaman

Pemain Terlama

Hariono adalah pemain terlama di skuat Persib Bandung saat ini. Ia telah memperkuat Pangeran Biru sejak 2008.

Selama 11 tahun kariernya di Kota Kembang, Hariono berhasil mempersembahkan dua gelar meliputi trofi Liga Indonesia pada 2014 dan Piala Presiden 2015. Total, dia memperkuat Persib dalam 231 laga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.