Sukses

Perbandingan Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo Usai Ballon d'Or 2019

Liputan6.com, Paris- Lionel Messi resmi menjadi raja Ballon d' Or usai memenangi trofi edisi 2019 pada Selasa (3/12/2019). Dia kalahkan Virgil van Dijk yang berada di posisi dua dan juga Cristiano Ronaldo di posisi ketiga.

Ini menjadi trofi Ballon d'Or keenam untuk Lionel Messi. Dia ungguli Ronaldo yang mengoleksi lima trofi, tapi seperti apa perbandingan statistik gelar Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo?

Lionel Messi tampil gemilang pada 2019. Sampai saat ini, pemain berusia 32 tahun telah memainkan 53 laga dan mencetak 45 gol. Lionel Messi membawa Barcelona menjadi juara La Liga musim 2018/2019 yang lalu.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama menjadi pencetak gol ulung. Keduanya punya catatan gol yang sangat bagus. Di level klub, Messi kini sudah mencetak 613 gol. Semua untuk Barcelona. Sedangkan, Ronaldo sudah mencetak 609 gol untuk Sporting CP, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Namun, untuk urusan mencetak hattrick atau tiga gol dalam satu laga, Lionel Messi sementara masih kalah dari Ronaldo. Messi baru mencatatkan 52 hattrick, sedangkan Ronaldo sudah pernah 55 kali hattrick.

Ronaldo juga masih unggul dibanding Messi di pentas internasional. Pemain 34 tahun sudah mencetak 99 gol untuk timnas Portugal. Ronaldo sedang berupaya mengejar Ali Daei dengan 109 gol untuk menjadi top skor dunia di laga internasional.

Sedangkan, Lionel Messi baru mencetak 70 gol bersama timnas Argentina.

Satu hal yang unik, Lionel Messi juga belum meraih satu pun gelar juara bersama Argentina. Dia hanya meraih gelar juara dunia bersama Argentina U-20. Sedangkan, Ronaldo sudah memberikan dua gelar juara yakni di Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019.

 

2 dari 3 halaman

Messi dan Ronaldo Diantara Para Legenda Dunia

Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bakal terus dikenang. Mereka bersaing pada generasi yang sama dan berada di level kompetitif yang sangat luar biasa. Keduanya terus bersaing untuk menjadi yang terbaik, secara individu dan kolektif.

Akan tetapi, panggung sepak bola dunia juga punya nama-nama legendaris yang selain Messi dan Ronaldo.

Sebelum ada perbandingan Messi vs Ronaldo, perdebatan sengit siapa yang pemain terbaik dunia adalah antara Pele dan Diego Maradona. Kedua pemain pernah meraih apa yang belum dicapai Ronaldo maupun Messi yakni menjadi juara Piala Dunia.

Selain itu, masih ada juga nama-nama top lain seperti Johan Cruyff, Alfredo Di Stefano dan masih banyak lainnya.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.net (Asad Arifin, published 3/12/2019)

3 dari 3 halaman

Video

Gagal Raih Emas, Timnas Indonesia U-22 Perlu Pelatih Asing?
Loading
Artikel Selanjutnya
Ronaldo Ingin Bereuni dengan Real Madrid di Final Liga Champions
Artikel Selanjutnya
Ringan dan Menghibur, Video Pergerakan Atlet Terkaya di Dunia 1991-2019