Sukses

Arena Civica, Markas Inter Milan Peninggalan Napoleon Buonaparte

Liputan6.com, Milan - Inter Milan dan AC Milan berniat pindah dari Stadion San Siro, Milan. Meski belum ada keputusan final, dua konsep stadion baru sudah ditawarkan kepada tim sekota tersebut.

Inter Milan dan AC Milan sampai saat ini masih berbagi lapangan. Inter memang menyebut markasnya sebagai Giuseppe Meazza, tapi stadion yang digunakan tetap sama, San Siro, stadion megah berkapasitas 80 ribu orang yang juga digunakan AC Milan.

Sebelum pindah ke San Siro, Nerrazzuri ternyata sempat menempati stadion tertua di kota Milan, Arena Civica. Lokasinya di Parco Sempione, bersebelahan dengan Castello Sforzesco. 

 

 

Liputan6.com berkesempatan menyambangi lokasi tersebut di sela-sela acara pameran roda dua EICMA yang berlangsung di Milan 7-10 November 2019. Kesan tua sangat terasa saat pertama kali melihat Arena Civica. Bangunannya tampak kusam. Gedung utama dan dinding yang mengelilingi terbuat dari batu dengan konstruksi dan gaya arsitek abad ke-18.

Lapangan di dalamnya sedang menjalani perawatan. Pengunjung tidak diizinkan masuk dan hanya boleh menyaksikannya lewat salah satu pintu yang masih dibiarkan terbuka. 

 

2 dari 2 halaman

Markas Inter Milan

Arena Civica dibangun pada 23 Juni 1800 lalu. Saat itu, Napoleon Buonaparte, memerintahkan penghancuran sejumlah benteng yang mengelilingi Castello Sforzesco demi mebuka lahan untuk mendirikan berbagai, termasuk arena parade pasukannya.

Kawasan baru tersebut kemudian dinamakan dengan Foro Buonaparte. Arena Civica selanjutnya berubah fungsi. Selain digunakan sebagai stadion, stadion ini juga pernah menggelar konser, seperti Copeland, The Cure, Little Feat, Ben Harper, Lenny Kravitz, Lou Reed, The Manhattan Transfer, Robert Plant, Public Image Limited, hingga, Radiohead. 

Inter Milan tercatat pernah bermarkas di sini pada tahun 1930-1958. Di Arena Civica, Inter Milan sempat bertemu Lyon pada ajang Faris Cup. Di stadion ini juga, Inter Milan untuk pertama kali memenangkan trofi Coppa Italia. Di Arena Civica juga lebih, pemain legendaris Giuseppe Meazza menorehkan lebih dari setengah golnya bersama Inter Milan.

Gelar Scudetto pertama Inter Milan juga banyak dikaitkan dengan stadion ini. Selain itu, yang tetap membekas bagi fans Inter Milan tentu saja kemenangan perdana melawan Juventus pada 28 November 1909. Tidak hanya Inter Milan, di stadion ini juga pernah berlangsung laga resmi timnas Italia saat mengalahkan Prancis 6-2, 15 Mei 1910.

 

 

Saat ini, Arena Civica sudah resmi berganti nama menjadi Arena Gianni Brera. Nama ini dipilih sebagai penghormatan terhadap Gianni yang berprofesi sebagai wartawan olahraga.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal AC Milan Relatif Mudah, Rossoneri Bidik Tiga Kemenangan Sebelum Natal
Artikel Selanjutnya
Lama Absen, Chiellini Minta Fans Juventus Bersabar