Sukses

Berbagai Manfaat Buah Mangga, Salah Satunya Mengatasi Obesitas

Jakarta - Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan tropis karena hanya tumbuh di iklim cukup hangat. Buah ini berasal dari Asia Selatan dan telah menyebar hingga Indonesia.

Selain rasanya lezat, mangga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan buah yang satu ini juga dipercaya mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Mangga mengandung rendah kalori dan serat tinggi. Mangga merupakan sumber vitamin A, C dan E, serta memiliki kandungan folat, B6, zat besi, hingga kalsium. Buah yang satu ini juga merupakan sumber antioksidan baik, mengandung phytochemical yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Mangga aman dikonsumsi bagi semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Bahkan banyak pula olahan makanan maupun produk kecantikan yang mencantumkan mangga sebagai salah satu bahan dasarnya.  Selain aromanya khas, mangga dapat memberikan manfaat baik bagi kulit.

Kandungan vitamin C dalam mangga tak kalah dari jeruk, anggur, lemon, atau tomat. Lantas apa saja manfaat mangga?

Berikut adalah ragam manfaat mangga bagi kesehatan tubuh yang dapat mencegah penyakit berbahaya, seperti dirangkum dari BBC Food Good, Jumat (18/10/2019).

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Mangga: Mencegah Berbagai Penyakit

Mangga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Sehingga buah yang satu ini mampu mencegah berbagai penyakit seperti berikut ini:

1. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Mangga memiliki vitamin C dan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah tropis ini juga kaya akan kalium yang amat dibutuhkan tubuh. Kalium berfungsi menyeimbangkan sel cairan tubuh guna mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Mangga dipercaya mampu menurunkan kolestrol dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker

Mangga mengandung pektin, serat makanan yang larut secara efisien menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan ini juga dapat mencegah perkembangan sel kanker prostat.

Berdasarkan hasil penelitian The European Prospective Investigation of Cancel menemukan adanya hubungan kuat antara buah mangga untuk menurunkan risiko kanker, khsusunya pada saluran pencernaan.

3. Mengatasi Obesitas

Manfaat lain mangga adalah mencegah obesitas. Buah ini mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dan bisa menurunkan kalori.

Mangga berperan penting untuk menghilangkan masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Penyebabnya, mangga mengandung bahan bioaktif guna meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

4. Menyembukan Anemia

Mangga dipercaya dapat menyembuhkan anemia atau kekurangan sel darah. Karena buah mangga memiliki zat besi yang dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

 

3 dari 3 halaman

17 Manfaat Mangga Bagi Kesehatan

Mangga tidak hanya mampu mencegah dan mengatasi penyakit kronis, tetapi buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini:

  1. Menunda penuaan dan terlihat awet muda
  2. Mengatasi masalah pencernaan
  3. Menghilangkan sel kulit mati
  4. Mendorong terbentuknya kolagen
  5. Meredakan iritasi kulit
  6. Mencegah jerawat
  7. Menjaga kesehatan rambut
  8. Menurunkan tekanan darah
  9. Menjaga kesehatan mata
  10. Meredakan sembelit
  11. Membantu menurunkan berat badan
  12. Meningkatkan kekebalan tubuh
  13. Mengurangi diabetes
  14. Menyehatkan tulang
  15. Menguatkan otot dan sendi
  16. Mencegah asma
  17. Mencegah panas dalam

Sumber: BBC Food Good

Disadur dari Bola.com (Novie Rachmayanti/Yus Mei Sawitri, published 19/10/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Mentan Syahrul Dorong Mangga jadi Andalan Ekspor Indonesia
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Seorang Lelaki Bangun Rumah Impian dengan Tumpukan 11 Kontainer