Sukses

5 Pesepak Bola Ini Berstatus Prajurit TNI

Tim Bola.com telah menghimpun lima pesepak bola Indonesia yang ternyata anggota TNI.

Jakarta - Pesepak bola adalah salah satu profesi yang disukai anak muda zaman sekarang. Bagaimana tidak, saat menjadi pesepak bola top, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan.

Mulai dari sejumlah penggemar fanatik hingga popularitas yang tentu bisa bisa dimanfaatkan dalam pengembangan kariernya. Karena itu, beberapa orang rela meninggalkan semuanya demi fokus berkarier di dunia sepak bola.

Kondisi itu berbeda dengan beberapa pesepak bola Indonesia. Misalnya, Abduh Lestaluhu. Pemain Tira Persikabo itu tetap mengemban tugas utama sebagai seorang TNI, di samping karier sepak bolanya.

Kodisi tersebut bisa dimaklumi. Abdi negara bukanlah profesi main-main. Ada tanggung jawab besar yang diemban.

Selain itu, dengan tetap mempertahankan identitas mereka sebagai seorang TNI, sederet pesepak bola Indonesia ini bisa mengabdi pada negara dengan dua jalur.

Pertama, mereka bisa membanggakan Indonesia lewat prestasi di dunia sepak bola. Yang kedua, mereka bisa tetap menjaga dan mengayomi masyarakat sebagai aparat negara.

Berikut lima pesepak bola Indonesia yang menjabat sebagai seorang anggota TNI:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Abduh Lestaluhu

Nama Abduh Lestaluhu mulai bergema pada 2016 lalu. Pemain asli Tulehu itu menjadi andalan pelatih Timnas Indonesia kala itu, Alfred Riedl.

Namun siapa sangka, ternyata Abduh Lestaluhu adalah anggota TNI. Ia bahkan berpangkat Sersan Dua.

Abduh Lestaluhu saat ini bermain untuk klub Liga 1, Tira Persikabo. Pemain yang tumbuh besar di Ternate tersebut sebelumnya juga pernah memperkuat Persis Solo dan Persija Jakarta. 

Dia juga pernah mendapat pengalaman berharga bersama klub Deportivo Indonesia yang dikirim ke Uruguay pada 2010-2011.

3 dari 6 halaman

2. Manahati Lestusen

Manahari Lestusen ternyata juga anggota TNI. Meski memiliki dua profesi, namun karier pemain Tira Persikabo tersebut di sepak bola tak perlu diragukan.

Manahati Letusen pernah dipercaya menjadi kapten untuk Timnas Indonesia U-19. Sama dengan Abduh Lestaluhu, Manahati juga bergelar Sersan Dua.

Manahati memperoleh cap pertama di Timnas Indonesia pada laga persahabatan melawan Andorra pada 26 Maret 014. 

4 dari 6 halaman

3. Fachri Firmansyah

Nama Fachri Firmansyah sempat mengehebohkan dunia sepak bola Tanah Air pada 2016. Mantan pemain Timnas Indonesia U-22 dan PS TNI itu memiliki kisah yang cukup menarik perhatian.

Sebelum menjadi prajurit TNI, Facri disebut pernah menjadi satpam untuk menyambung hidupnya. Namun garis nasib berkata lain, Facri kini adalah anggota TNI yang berpangkat Sersan Dua.

Jalan hidup Fachri Firmansyah berliku. Mengharumkan nama bangsa dengan membela Tim Merah-Putih jadi satpam gara-gara cedera saat membela Timnas U-21 di Turnamen Cotif di Spanyol. Fachri harus berobat sendiri untuk menyembuhkan cederanya.

Pangkostrad Edy Rahmayadi, yang saat itu mencalonkan Ketua Umum PSSI, mengambil Fachri untuk melakukan penyembuhan cederanya di Jakarta. Fachri pun bergabung dengan PS TNI meski harus berlatih berpisah.

Nasib baik menaungi Fachri, pemain kelahiran Jombang ini pun lulus test dan dipastikan menjadi prajurit TNI AD.

5 dari 6 halaman

4. Frets Listanto Butuan

Pemain Persib Bandung, Frets Butuan, adalah pesepak bola Indonesia yang juga berstatus anggota TNI. Frets memang tercatat sebagai anggota TNI aktif yang kini bertugas di Batalyon Infanteri Lintas Udara 330, Cicalengka.

Saat ini, ia berpangkat Prajurit Satu (Prada Satu). Awal tahun lalu, Frets sempat mengaku dirinya diperebutkan sejumlah klub Liga 1.

Namun, garis nasib membawanya berlabuh ke Persib Bandung. Meski demikian pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts,  jarang memainkannya.

 

6 dari 6 halaman

5. Ahmad Nufiandani

Mantan pemain Timnas U-23 ini juga berstatus sebagai TNI AD. Kondisi tersebut membuat Ahmad menjadi pemain dengan kekuatan fisik terbaik di skuat Arema.

Ahmad Nufiandani juga sempat membuat heboh dua tim Liga 1 2019 yakni Tira Persikabo dan Arema. Pasalnya, dua klub tersebut merasa memiliki sang pemain.

Pada akhirnya, Ahmad Nufiandani lebih memilih merumput bersama Tira Persikabo di Liga 1 musim 2019.

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari/ Editor Yus Mei Sawitri, Published 17/10/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.