Sukses

5 Pesepak Bola Eropa dengan Nama Indonesia, Ada Mulyadi dan Sidoel

Jakarta - Timnas Indonesia kembali menuai hasil buruk di Kualiikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Skuat Garuda dipermalukan Timnas Vitenam dengan skor 1-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019) malam.

Situasi tersebut membuat Andik Vermansah dan kolega. terseok di dasar klasemen sementara Grup G. Sejumlah pakar menilai asa skuat asuhan Simon Mcmenemy untuk melaju ke babak selanjutnya tipis.

Meski demikian, Indonesia tidak pernah kekurangan pemain berkualitas. Bahkan, beberapa pesepak bola top dunia merupakan keturunan Indonesia.

Alhasil, tak jarang kita temukan pemain Eropa dengan nama khas orang Indonesia. Radja Nainggolan misalnya, pemain Inter Milan yang tengah dipinjamkan ke Cagliari tersebut punya darah Batak.

Sekadar informasi, Nainggolan adalah nama marga khas suku Batak Indonesia. Selain Radja Nainggolan, sederet pesepak bola Eropa juga mengadopsi nama khas Indonesia.

Berikut sederet pesepak bola Eropa yang memiliki nama khas Indoensia:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 6 halaman

1. Edwin Soenarto

 
 
 
View this post on Instagram

Edwin Soenarto @soenar03 Lahir : 16 Agustus 1987 (31 tahun) Posisi : Right Back Klub Saat Ini : Ajax Amateurs (Derde Divisie Saturday, Belanda) Dilihat dari namanya, sudah sangat pasti kita akan sering mendengar nama tersebut digunakan oleh orang Indonesia. Edwin Soenarto rupanya memang memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Jawa bernama Agustina Triwahyuni Soenarto. Pemain jebolan akademi @fc_utrecht ini tercatat telah memperkuat beberapa klub di belanda. Selepas dari akademi FC Utrecht, Edwin Soenarto kemudian dikontrak oleh FC Volendam (@fcvolendam_official) pada tahun 2010. Satu tahun kemudian dirinya hengkang ke FC Hilversum dengan kontrak selama 2 tahun. Pemain berdarah Jawa-Belanda-Curacao ini kemudian pindah ke FC Breukelen (@fcbreukelen) setelah kontraknya habis. Saat ini dirinya tercatat memperkuat tim amatir Ajax Amateurs (@ajaxamateurs) di kasta keempat liga Belanda sejak tahun 2015. 🇮🇩 🇳🇱 🇨🇼 #edwinsoenarto #fcutrecht #fcvolendam #fchilversum #fcbreukelen ##ajaxamsterdam #ajaxamateurs #derdedivisie #indonesia #java #javanese #netherland #curacao

A post shared by Indonesian Football Player (@indonesian_player) on

Edwin Soenarto kini bermain untuk klub asal Belanda bernama Ajax Amateurs, klub kasta keempat Liga Belanda. Sesuai dengan namanya, Edwin Soenarto adalah keturunan Jawa.

Ibunya bernama, Agustina Triwahyuni Soenarto. Sementara sang ayah merupakan keturunan Afrika yang tinggal di Antila Belanda.

3 dari 6 halaman

2. Emil Audero Mulyadi

 
 
 
View this post on Instagram

Keep on working!! #focus #training #summer #sampdoria #preseason

A post shared by Emil Audero Mulyadi (@emil_audero) on

Pemain ini bernama lengkap Emil Audero Mulyadi. Jika dibaca dari namanya, sudah ketahuan dia adalah keturunan suku Jawa.

Pria berusia 22 tahun itu lahir di Kota Mataram pada 18 Januari 1997. Ia kemudian menetap di Italia dan membela sederet klub papan atas serie A.

Sebelum bermain untuk Sampdoria, Emil merupakan salah satu pejaga gawang milik Juventus.

 

4 dari 6 halaman

3. Darren Sidoel

 
 
 
View this post on Instagram

The bird who dares to fall, is the bird who learns to fly 🕊

A post shared by Darren Sidoel (@darren.sidoel) on

Darren Sidoel merupakan pesepak bola profesional yang lahir di Belanda. Seperti sebagian orang Belanda pada umumnya, Darren juga memiliki darah Indonesia.

Ibu Darren adalah orang Jawa yang tingal di Suriname. Meski demikian, ia lahir di The Hague, Belanda, pada 10 Maret 1988.

Karier sepak bola pemain yang berposisi bek tengah tersebut juga cukup gemilang. Ia pernah membela Ajax Amsterdam, kemudian klub asal Inggris, Reading, sebelum ke klub asal Bulgaria, Arda Kardzhali.

5 dari 6 halaman

4. Leroy Resodihardjo

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Leroy Resodihardjo (@resodihardjo.leroy) on

Leroy Resodihardjo merupakan pesepak bola Belanda yang memiliki keturunan Kebumen. Kini, pemain berusia 32 tahun itu membela klub kasta keempat Liga Belanda, Scheveningen. 

Pemain tersebut berposisi sebagai gelandang tengah. 

6 dari 6 halaman

5. Neraysho Kasanwirjo

 
 
 
View this post on Instagram

“If you are afraid of failure, you dont deserve to be successful”!

A post shared by @ neraysho on

Kasanwirjo merupakan pemain keturunan Jawa-Suriname. Ia mengawali karier sepak bolanya di Ajax Amsterdam dengan membela tim akademi U-17.

Menariknya, Neraysi Kasanwiryo kini menjadi bagian dari Timnas Belanda U-17. Bagaimana menurutmu?

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari / Editor Yus Mei Sawitri, Published 17/10/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
2 Sisi Unik Usai Duel Panas Liverpool Vs Manchester City
Artikel Selanjutnya
Perbandingan Statistik Daniel James Vs Cristiano Ronaldo di Manchester United