Sukses

Ansu Fati Belum Dapat Restu dari FIFA untuk Memperkuat Timnas Spanyol

Ansu Fati telah mengantongi paspor Spanyol, tapi belum mendapat lampu hijau dari FIFA untuk memperkuat timnas Spanyol U-17 dan U-21.

Liputan6.com, Zurich - Bintang muda Barcelona, Ansu Fati, harus bersabar untuk mengenakan kostum Timnas Spanyol. Meski sudah mengantongi paspor Negeri Matador itu, Fati yang lahir di Guinea-Bissau belum juga mendapat lampu hijau dari induk olahraga sepak bola dunia, FIFA.

Nama Fati mencuat di awal musim ini, ketika Barcelona mengalami krisis pemain akibat cedera. Kehadirannya di tim utama mampu mencuri perhatian. Setidaknya, dari enam pertandingan yang sudah dilalui, pemain berusia 16 tahun itu sudah mengemas 2 gol. 

Bukan hanya para pendukung Barcelona yang terbius melihat penampilan Fati. Federasi sepak bola Spanyol atau RFEF juga dibuat takjub oleh pemain berpostur 178 cm tersebut. 

Kebetulan, Fati ternyata sudah lama bermukim di Spanyol. Meski masih lahir di Guinea-Bissau, Fati sudah menetap di Sevilla saat masih anak-anak. Kesempatan ini pun kemudian dimanfaatkn RFEF dengan menawarkan kewarganegaraan Spanyol kepada Ansu Fati. 

RFEF membutuhkan Fati untuk memperkuat timnas Spanyol menghadapi Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Brasil, 26 Oktober - 17 November mendatang. Setelah resmi menjadi warga negara Spanyol, nama Fati kemudian dimasukkan dalam skuat Spanyol. 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Digantung FIFA

Selain timnas Spanyol U-17, Ansu Fati juga rencananya bakal mempekuat timnas Spanyol U-21 pada babak kualifikasi melawan Jerman (10/10) dan Montenegro (15/10). Namun sayang, dokumen yang dibutuhkan Fati untuk tampil belum juga dikeluarkan oleh FIFA.

Direktur olahraga RFFF, Molina dan manajer dari masing-masing tim telah bertemu, Kamis malam. Mereka kemudian mencari cara agar dokumen yang dibutuhkan Ansu untuk tampil pada dua event tersebut segera diterbitkan. Namun sayang, FIFA tidak bisa diintervensi. 

Sumber di FIFA mengatakan, otoritas sepak bola dunia itu butuh lima sampai tujuh hari dalam menanggapi permohonan RFFF terkait dokumen Ansu Fati. Untuk itu, RFFF juga sudah bersiap dengan rencana terbaik adalah, Fati baru tampil pada laga kandang kedua.

Saksikan jug video menarik di bawah ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Tim Nasional Spanyol merupakan negara pertama yang berhasil memenangkan gelar EURO secara back-to-back pada 2008 dan 2012
    Tim Nasional Spanyol merupakan negara pertama yang berhasil memenangkan gelar EURO secara back-to-back pada 2008 dan 2012

    Timnas Spanyol

  • Ansu Fati