Sukses

4 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Bursa Transfer Musim Panas

Bursa transfer musim panas sudah berlalu dengan berbagai cerita bagus dan pahit bagi klub-klub di seantero Eropa. Ada juga rekor yang berhasil dipatahkan.

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer musim panas sudah ditutup sejak 2 September silam. Banyak cerita dan juga perpindahan pemain yang tidak terduga, meskipun ada juga cerita kegagalan klub meraih bidikan.

Banyak klub besar Eropa yang melakukan belanja gila-gilaan pada bursa transfer musim panas ini. Salah satunya adalah Real Madrid.

Los Blancos sudah mengeluarkan lebih dari 300 juta euro untuk membeli pemain baru. Salah satu pembelian mahal Madrid pada musim panas ini adalah Eden Hazard.

Hazard ditebus dengan biaya yang mencapai 100 juta euro. Bintang Belgia itu sebelumnya meraih kesuksesan besar di Premier League.

Barcelona juga menjadi salah satu klub terboros di musim panas ini. Mereka sudah menggelontorkan dana yang besar untuk merekrut pemain-pemain seperti Antoine Griezmann dan juga Frenkie De Jong.

Di bursa transfer musim panas kali ini, rekor-rekor transfer pun juga berhasil diperbarui. Berikut ini empat rekor transfer yang sudah dipecahkan seperti dilansir Fox Sports Asia.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembelian Termahal oleh Klub Bundesliga - Lucas Hernandez

Rekor transfer di Bundesliga tercatat sebagai yang terkecil dibandingkan lima liga top Eropa lainnya. Sebelum bursa transfer musim panas ini, itu bahkan jauh lebih kecil daripada rekor transfer tertinggi di Serie A, setelah Cristiano Ronaldo pindah dengan 100 juta euro pada musim panas lalu.

Musim panas ini, Bayern Munchen merekrut Lucas Hernandez dari Atletico Madrid sebesar 80 juta euro dan dalam prosesnya, mereka memecahkan rekor transfer klub dan liga. Rekor transfer Bayern sebelumnya adalah Corentin Tolisso seharga 41,5 juta euro dan rekor transfer Bundesliga sebelumnya adalah 43 juta euro yang dikeluarkan Wolfsburg untuk Julian Draxler pada tahun 2015.

Hernandez yang memenangkan Piala Dunia bersama Prancis pada 2018 sekarang adalah bek termahal ketiga di dunia dan pemain Prancis termahal kelima sepanjang masa di belakang empat pemain lain dari skuat juara Piala Dunia 2018.

3 dari 5 halaman

Pembelian Termahal oleh Klub La Liga - Joao Felix

Sebelum bursa transfer musim panas 2019, hanya PSG dan Barcelona yang mengeluarkan lebih dari 100 juta pounds untuk seorang pemain. Pada musim panas ini, sebuah klub yang berbasis di Madrid mengikuti jejak mereka.

Real Madrid dan Barcelona memecahkan rekor transfer klub pada musim panas ini ketika mengeluarkan 100 juta euro dan 120 juta euro untuk Eden Hazard dan Antoine Griezmann. Namun, Atletico Madrid mengalahkan mereka berdua setelah menghabiskan 126 juta euro untuk bintang remaja Benfica Joao Felix sebagai pengganti Griezmann.

Felix sekarang juga menjadi pemain Portugal termahal di dunia saat ini - memecahkan rekor dipegang oleh Cristiano Ronaldo selama satu dekade. Sebelum Ronaldo, rekor itu milik Luis Figo setelah pindah dari Barcelona ke Real Madrid.

4 dari 5 halaman

Bek Paling Mahal - Harry Maguire

Pada Januari 2018, Liverpool menjadikan Virgil van Dijk sebagai bek paling mahal di dunia setelah mereka menebusnya dengan biaya 75 juta pounds. Transfer itu mengubah lini belakang Liverpool dan sekarang Van Dijk sedang mengejar penghargaan individu tertinggi di dunia.

Setelah tampil buruk di musim 2018/19, Manchester United membutuhkan pemain dengan dampak seperti Van Dijk di Liverpool. Karena itu, mereka mengeluarkan 80 juta pounds untuk membeli Harry Maguire dari Leicester City.

Maguire terbukti menjadi pemain yang bagus untuk Leicester dan Inggris tetapi masih harus dilihat apakah ia bisa membenarkan biaya yang dikeluarkan United untuknya.

5 dari 5 halaman

Pemain Afrika Termahal - Nicolas Pepe

Bintang-bintang Premier League saat ini seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Pierre-Emerick Aubameyang, Riyad Mahrez dan Naby Keita termasuk dalam daftar 10 pemain Afrika termahal sepanjang masa dan beberapa dari mereka pernah berstatus sebagai pemain termahal dari benua itu. Namun, rekor pemain termahal Afrika saat ini dipegang oleh pemain baru Arsenal - Nicolas Pepe.

Pepe menjalani musim 2018/19 yang fantastis bersama Lille dan hanya Kylian Mbappe yang mencetak gabungan gol dan assist yang lebih banyak di Ligue 1 musim lalu. Pemain Pantai Gading itu menjadi target banyak klub termasuk Liverpool, tetapi pada akhirnya, ia bergabung dengan The Gunners dengan memecahkan rekor transfer klub dan pemain Afrika termahal sebesar 72 juta pounds.

Rekor transfer Arsenal sebelumnya adalah Aubameyang dan ia sangat sukses di klub. Para penggemar klub pasti berharap Pepe bisa mengikuti jejak pemain internasional Gabon tersebut.

Disadur dari Bola.net (Aga Deta, published 17/9/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.