Sukses

Daftar Klub Eropa yang Berganti Nama di PES 2019

Jakarta- Gim Pro Evolution Soccer (PES) buatan Konami merupakan salah video gim sepak bola yang paling populer di dunia.

Selain dari segi permainan, PES juga selalu diingat penikmatnya karena adanya berbagai nama klub ‘aneh’ yang digunakan sebagai pengganti dari klub yang tidak dapat digunakan oleh Konami karena tidak memiliki lisensi penggunaan properti intelektual klub tersebut. 

Tetapi sorotan mengenai lisensi kini mengarah ke FIFA dan EA Sports yang kehilangan hak penggunaan nama Juventus.

Konami Digital Entertaiment resmi menjalin kerja sama dengan Juventus. Dengan adanya kesepakatan tersebut, I Bianconeri akan menjadi partner dari eFootball PES 2020.

Nantinya, Konami memiliki hak memakai segala hal yang berhubungan dengan Juventus, mulai dari nama, pemain, emblem tim, jersey, hingga Allianz Stadium untuk dimasukkan ke dalam game PES 2020.

Alhasil, EA Sports tidak memiliki lisensi untuk menyertakan Juventus ke game FIFA 20. Padahal, megabintang Juve, Cristiano Ronaldo, merupakan model untuk sampul FIFA 19.

"Kemitraan baru dan menarik dengan Konami ini akan membuat seri eFootball PES memiliki penggunaan eksklusif kekayaan intelektual Juventus dalam game konsol video sepak bola, termasuk nama tim, lambang, dan perlengkapan resmi," bunyi pernyataan resmi Juventus.

Hal itu menyebabkan nama Juve di gim FIFA 20 akan diubah menjadi Piemonte Calcio. Nama itu bukan merupakan nama klub aneh pertama dalam sejarah gim sepak bola. 

 Berikut adalah 11 nama klub aneh dalam seri gim PES

2 dari 12 halaman

Val Narangja (Valencia)

Valencia merupakan salah satu klub dengan sejarah tinggi dalam kompetisi La Liga. Klub  yang bermarkas di Estadio Mestalla itu sudah pernah menjadi juara La Liga sebanyak enam kali, dan telah mendapatkan beberapa gelar lainnya di tingkat domestik dan Eropa.

Tetapi permasalahan lisensi membuat mereka muncul di gim PES 2009 dengan nama Val Narangja. Hal pertama yang muncul di pencarian menggunakan Google langsung mengarah ke nama Valencia yang ada di dalam seri gim tersebut.

3 dari 12 halaman

Chamartin (Real Madrid) ​

Sebagai salah satu klub terbesar di Eropa dan dunia, Real Madrid mungkin menjadi salah satu klub pertama yang dicari oleh para pemain gim sepak bola.Klub ibu kota Spanyol itu memiliki koleksi gelar yang luar biasa di tingkat domestik maupun kontinental.

Pada edisi PES 3 (2003), klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini dinamakan Chamartin. Chamartin memang merupakan bagian dari daerah Madrid dan menjadi lokasi dari Santiago Bernabeu.

4 dari 12 halaman

Mad Rojo (Atletico Madrid) ​

Walau memiliki tingkat kesuksesan yang berbeda dengan rival sekota mereka, Atletico Madrid tetap merupakan salah satu klub dengan sejarah tinggi dalam sepak bola Spanyol. Keberadaan mereka di dekat Sungai Manzanares membuat Atletico menjadi salah satu ikon di daerah Madrid.

Pada seri gim PES 2009, Atletico, yang memiliki julukan Los Rojiblancos itu menggunakan nama Mad Rojo.

5 dari 12 halaman

Arzegum (Arsenal) ​

Arsenal merupakan salah satu klub yang terlibat dalam sejarah Premier League secara signifikan, terutama saat mereka menjadi juara pada musim 2003/04 tanpa merasakan satupun kekalahan. The Gunners juga merupakan salah satu klub terbesar dalam sepak bola Inggris.

Pada seri gim PES 2008 (untuk perangkat PS3), Arsenal hadir dengan nama Arzegum. Nama yang tidak masuk akal bahkan sebelas tahun setelah digunakan dalam seri gim tersebut.

6 dari 12 halaman

Liguria (Chelsea)

Chelsea juga merupakan salah satu klub yang memberikan kontribusi tinggi dalam sejarah Premier League dan sepak bola Inggris secara keseluruhan, terutama sejak Roman Abramovich menjadi pemilik pada 2003.

 Sebelum periode itu, mungkin nama klub dengan julukan The Blues itu kurang terkenal dibandingkan dengan klub-klub besar lainnya di Eropa. Pada seri gim PES 2 (2002), Chelsea ada di dalam gim itu dengan nama Liguria.

7 dari 12 halaman

Trad Bricks (Manchester United) ​

Sebagai klub dengan gelar juara Premier League terbanyak (13 titel), Manchester United dapat disebut sebagai klub tersukses dalam era modern sepak bola Inggris. Klub yang dikenal dengan julukan Setan Merah ini juga memiliki berbagai pemain yang membuat mereka menarik untuk digunakan dalam berbagai gim sepak bola.

 Terdapat dua nama yang seharusnya masuk berkaitan dengan United dalam daftar ini. Pada PES 2, mereka muncul dengan nama Aragon. Satu tahun kemudian, dengan nama Trad Bricks. Keduanya sama sekali tidak masuk akal.

 

8 dari 12 halaman

Lloyd (Manchester City) ​

Sempat dikenal sebagai klub tetangga yang tidak berarti bagi Manchester United, kini Manchester City berhasil menjadi kekuatan yang tidak dapat diremehkan di Premier League. Dominasi yang mereka rasakan kini nampak akan berlangsung dalam jangka panjang.

 Saat pertama kali muncul dalam seri gim PES 3 (2003), City muncul dengan menggunakan nama Lloyd. Nama yang lebih cocok untuk menggambarkan seorang individu ketimbang klub.

9 dari 12 halaman

Ile De France (Paris Saint-Germain) ​

Meskipun saat ini dipandang sebagai klub yang hanya berusaha membangun klub mereka dengan mendatangkan pemain-pemain bintang, tetapi Paris Saint-Germain merupakan salah satu klub terbaik di Prancis. Paris menjadi daerah yang menghasilkan berbagai pemain sepak bola dengan bakat tinggi.

Pada seri gim PES 3 hingga PES 5, PSG muncul dengan nama Ile De France, yang merupakan salah satu daerah di Paris dengan berbagai ikon seperti Louvre dan Menara Eiffel.

10 dari 12 halaman

Marche (Inter Milan) ​

Sebagai salah satu klub terbesar dalam sejarah Serie A, Inter Milan bukan merupakan nama yang asing bahkan bagi orang-orang yang tidak mengikuti sepak bola secara rutin. Inter masih menjadi klub pertama Italia yang mendapatkan tiga gelar juara dalam satu musim (Serie A, Coppa Italia, dan Champions League).

 Pada seri gim PES 2 (2002), mereka muncul dengan nama Marche. Nama yang lebih sering digunakan sebagai nama restoran di berbagai belahan dunia.

 

11 dari 12 halaman

Rekordmeister (Bayern Munchen)

Bayern Munchen adalah klub yang sampai saat ini masih menguasai sepak bola Jerman dengan raihan gelar juara Bundesliga terbanyak (29 titel). Die Roten juga memiliki beberapa pemain yang rutin membela Timnas Jerman, dan menjadi klub teladan dalam negara tersebut.

 Pada seri gim PES 3 dan 4, Bayern muncul dengan nama Rekordmeister, sesuai dengan status mereka sebagai klub tersukses dalam sepak bola Jerman.

12 dari 12 halaman

Museumplein (Ajax) ​

Ajax merupakan salah satu klub terbesar dalam sepak bola Belanda dan memiliki berbagai sejarah di Eropa. Puncak dari kesuksesan mereka terjadi pada saat menjadi juara Champions League pada musim 1994/95. Ajax juga dikenal dengan tradisi mereka untuk menghasilkan berbagai pemain muda berbakat.

Pada seri gim PES 3, mereka muncul dengan nama Museumplein. Satu tahun sebelumnya dengan nama Rijnkanaal. Setelah PES 3, Ajax selalu muncul sebagai klub yang memiliki lisensi penuh di seri gim PES lainnya.  

Sumber: Bola.net

Loading
Artikel Selanjutnya
eFootball PES 2020 Miliki Lisensi Serie A
Artikel Selanjutnya
Messi Ungguli Ronaldo di PES 2020