Sukses

Awal Juli, Bursa Transfer di Eropa Sudah Rampungkan 240 Pembelian Pemain

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer di Eropa masih panjang dan cukup waktu bagi klub-klub untuk menambah kekuatan atau menjual pemain. Meski baru memasuki awal Juli, yang boleh jadi titik awal di bukanya pintu transfer untuk bursa transfer di lima liga top di Eropa.

Meski baru awal-awal pembukaan, tapi pembelian pemain di lima liga top di eropa; Inggris, Jerman, Italia, Spanyol dan Prancis ternyata cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, seperti dilansir Marca, sudah terjadi 240 transfer pemain yang terjadi. 

Uang yang berputar di bursa transfer hingga awal Juli ini tercatat 1,9 miliar euro (Rp 30,3 triliun). Di Liga Spanyol misalnya, sudah ada 57 transfer pemain.

Dari jumlah itu, pembelian Eden Hazard oleh Real Madrid menjadi yang paling menonjol. Maklum, Chelsea melepas Hazard ke Madrid dengan transfer 100 juta euro.

Total klub-klub La Liga nyaris menghabiskan 700 juta euro untuk bursa transfer. Bagaimana di liga lain?

 

 

2 dari 3 halaman

Liga Jerman

Meski ada transfer heboh saat Bayern Munchen merekrut Lucas Hernandez dari Atletico Madrid, liga Jerman ternyata tak banyak melakukan aktifitas. Sejauh ini baru ada 30 transfer saja yang melibatkan klub Bundesliga.

Sedangkan jumlah uang yang dihabiskan untuk bursa transfer mencapai 400 juta euro. Transfer Hernandez ke Munchen menjadi yang termahal dengan nilai transfer mencapai 80 juta euro.

Munchen juga membeli Benjamin Pavard untuk 35 juta euro. Sedangkan rival Borusia Dortmund menghabiskan 25 juta euro untuk transfer Thorgan Hazard.

Sementara itu, liga yang paling kecil sejauh ini melakukan transfer yaitu Ligue 1 Prancis. Sejauh ini, klub Ligue 1 baru menghabiskan 60 juta euro saja.

Reims menghabiskan uang paling banyak dengan 15 juta euro saat memboyong M'baye Niang. Sedangkan PSG sudah memboyong tiga pemain yaitu Pablo Saraia, Ander Herrera dan Marcin Bulka.

3 dari 3 halaman

Liga Inggris

Sementara itu, Liga Inggris juga tercatat sebagai salah satu liga paling boros di Eropa. Dibuka 17 Mei dan ditutup 9 Agustus, ada 20 pembelian dengan nilai 305 juta euro.

Sejauh ini pembelian Aaron wan Bisaka sebesar 55 juta oleh Manchester United (MU) dari Crystal Palace masih menjadi yang termahal.Sedangkan pembelian Andre Gomes 26 juta euro oleh Everton dari Barcelona menjadi yang terbaik.

Sedangkan di Liga Italia hampir sama dengan Inggris dan Bundesliga. Tak kurang 360 juta euro yang dihabiskan dan transfer Kostas Manolas dari AS Roma ke Napoli sebesar 36 juta euro menjadi yang paling mahal.

Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis
Loading