Sukses

Usir Kapten MU, Mike Dean Jadi Wasit Paling Royal Kartu Merah

Ashley Young jadi pemain MU keempat yang dikeluarkan Dean.

Liputan6.com, Manchester - Mike Dean mencatat sejarah ketika memimpin duel Wolverhampton Wanderers vs Manchester United (MU) di Molineux, Rabu (3/4/2019) dini hari WIB. Dia menjadi wasit pertama yang mengeluarkan 100 kartu merah pada era Premier League.

Adalah kapten MU Ashley Young yang mendapat 'kehormatan' tersebut. Dean mengusirnya karena akumulasi. Setelah memberinya kartu kuning pertama ('52), dia mengeluarkan eks pemain Aston Villa itu karena menjegal Diogo Jota ('57) tidak lama berselang.

"Saya kira keputusannya terlalu lunak. Namun itulah sepak bola modern. Mengecewakan karena Young hanya melakukan dua pelanggaran," kata eks gelandang MU Darren Fletcher, dilansir Daily Mail.

Young pun menjadi pemain ke-10 yang diusir Dean pada musim ini. Pengadil berusia 50 tahun itu mencapai tiga dijit setelah memimpin 477 pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Royal Kartu

Bekerja sejak 2000, Dean tergolong royal karena memimpin hampir 50 persen atas koleganya pada kategori ini. Tercatat Phil Dowd dan Mike Riley bertengger di posisi dua dengan sama-sama mengeluarkan 67 pemain.

Sementara di kalangan wasit yang masih aktif, Martin Atkinson merupakan rival terdekat Dean lewat 58 kartu merah.

3 dari 3 halaman

Korban Ketegasan Dean

Penggawa Newcastle United Nolberto Solano merupakan pemain pertama yang diusir Dean. Peristiwa terjadi pada laga melawan Ipswich Town, 14 April 2001.

Sedangkan Young merupakan pemain MU keempat yang dikeluarkan Dean. Dia mengikuti jejak Rafael da Silva, Juan Mata, dan Nemanja Matic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Mike Dean

  • Premier League