Sukses

Jadwal Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 Untungkan Timnas Vietnam U-23

Jakarta Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo, memberi perhatian khusus pada pesaing di Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Thailand dan Indonesia. Satu penghuni Grup K lainnya, Brunei Darussalam, di atas kertas dianggap masih kalah kualitas. Meski, dalam sepak bola, apa pun bisa saja terjadi.

Park Hang-seo mengetahui Thailand serta Indonesia bakal memboyong skuat terbaik ke Hanoi. Vietnam, sejatinya juga menyiapkan komposisi terbaik.

Piala AFF U-22 2019 pada bulan lalu di Kamboja tak bisa dijadikan acuan karena ada perubahan dalam komposisi pemain.

Thailand, misalnya, hanya menyisakan enam pemain jebolan Piala AFF U-22 2019 dalam tim yang disiapkan untuk kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Vietnam juga memanggil pemain-pemain yang belakangan justru jadi tulang punggung timnas senior di Piala Asia 2019. Mereka tak ikut serta saat Piala AFF U-22 2019 lalu.

Sedangkan Indonesia, memiliki energi baru dengan keberadaan tiga pemain yang berkiprah di luar negeri serta enam pemain anyar yang mendapat panggilan gabung pemusatan latihan seusai Piala AFF U-22 2019.

Tujuannya tentu sama, mendapatkan hasil terbaik dan lolos ke putaran final. Secara khusus, Thailand yang berstatus tuan rumah Piala AFC U-23 2020, sudah dipastikan lolos secara otomatis. 

Namun, tetap saja keberadaan Thailand jadi ancaman lantaran the War Elephants memandang kualifikasi di Hanoi secara serius.

Vietnam menyikapi situasi itu dengan kewaspadaan. Park dan staf pelatihnya tak mau terkecoh sehingga gagal memenuhi target jadi juara grup.

"Thailand itu tuan rumah Piala AFC U-23 2020. Jadi, meski gagal di kualifikasi, mereka akan tetap tampil di putaran final. Tapi, justru karena mereka tuan rumah putaran final, mereka sangat siap dalam persiapan, memberikan jam terbang pada pemain untuk mempertajam skill mereka," kata Park.

"Saya tahu mereka akan datang ke Hanoi dengan skuat kuat di kualifikasi nanti. Saya rasa, duel Vietnam dan Thailand nanti akan sangat menarik."

"Di masa lalu, dua tim sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Timnas Vietnam U-23 hanya punya waktu persiapan singkat jelang kualifikasi ini, tapi saya yakin dengan spirit tak takut yang dimiliki pemain, kami akan mendapatkan hasil bagus," ujar Park.

2 dari 2 halaman

Jadwal Menguntungkan

Lantaran lawan memiliki komposisi baru, kekuatan mereka jadi tak begitu terendus Park dan stafnya. Pelatih asal Korea Selatan itu menganggap penampilan di Piala AFF U-22 2019 tak cukup kuat untuk dijadikan acuan menilai kekuatan dan kelemahan Thailand maupun Indonesia.

"Jika kami hanya melihat penampilan mereka di Piala AFF U-22 lalu, itu tak akan memungkinkan untuk menganalisis kekuatan sebenarnya dari Indonesia dan Thailand. Jadi, kami harus melihat lebih luas," tutur Park.

Park lantas mengungkap ia cukup senang dengan jadwal kualifikasi Grup K yang dianggap menguntungkannya. Pasalnya, pada pertandingan pertama yang dimainkan di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/2/2019), Timnas Vietnam U-23 bakal meladeni Brunei terlebih dulu, sedangkan Indonesia dan Thailand akan bentrok.

Dengan begitu, Park dan staf pelatih Timnas Vietnam U-23 bisa menggunakan momen duel Thailand vs Indonesia itu untuk mencermati kekuatan dan kelemahan dua pesaing terkuat mereka itu.

"Ya sangat menguntungkan Vietnam akan bertemu Brunei dulu, sementara Thailand dan Indonesia berhadapan, jadi kami bisa memiliki data untuk menganalisis mereka," ucap sang pelatih.

Sumber: Bola.com

Pilot Gadungan Berkeliaran di Bandara Soetta
Loading
Artikel Selanjutnya
Ezra Ungkap Penyebab Keterlambatan Gabung Timnas Indonesia U-23
Artikel Selanjutnya
Cara Egy Maulana Redam Jetlag Sebelum Gabung Timnas Indonesia U-23