Sukses

Astra Honda Bidik Gelar Juara Umum ARRC 2019

Seri pembuka ARRC 2019 berlangsung di Sirkuit Sepang.

Liputan6.com, Sepang - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) siap tempur di kompetisi balap bergengsi, Asia Road Racing Championship (ARRC). Total ada lima pembalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang turun ARRC 2019.

Kelima pembalap AHRT ini turun di kelas Asia Production 250 (AP250) dan Supersports 600 (SS600). Mereka berambisi mempertahankan prestasi juara umum AP250 yang mampu didapat selama dua tahun berturut-turut. AHRT juga menargetkan mengukir prestasi lebih tinggi di kelas SS600.

 

Pada kelas AP250, Awhin Sanjaya berjuang bersama Irfan Ardiansyah dan Lucky Hendriansya. Nama terakhir tahun lalu berkompetisi di ajang Asia Talent Cup (ATC). Ketiganya akan berusaha mendominasi podium sepanjang gelaran ARRC untuk meraih juara umum di kelas AP250.

Adapun pada kelas SS600, AHRT mengandalkan Andi “Gilang” Farid Izdihar bersama Rheza Danica Ahrens. Rheza merupakan juara AP250 tahun lalu. Kedua pembalap ini akan mati-matian merebut podium juara ARRC kelas SS600.

Kelima pembalap AHRT ini akan menjalani ujian pertama di ARRC 2019 pada 9-10 Maret 2019. Seri pertama digelar di Sirkuit Sepang Malaysia akan dihelat di Sepang International Circuit. Sebelumnya pembalap ARRC menjalani tes pramusim di tempat sama pada 5-6 Maret.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesiapan Pembalap AP250

Lucky Hendriansya, yang merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2016, menunjukkan performa kompetitif pada tes pramusim. Dia sangat konsisten dalam memperbaiki catatan waktu terbaiknya pada tiap sesi. Hingga saat sesi latihan keempat, Lucky dapat meraih posisi pertama dengan catatan waktu terbaik 2 menit 26,283 detik.

“Saya memiliki cukup banyak pengalaman di Sepang, saat di ATC tahun lalu. Saya paham beberapa tikungan yang jadi nilai plus saya. Dengan persiapan fisik, juga kesiapan mental, saya bertekad bisa mendapat cerita manis di awal pengalaman saya di kelas AP250 ini,” ujar Lucky.

Awhin Sanjaya yang kembali dipercaya untuk turun di kelas AP 250 pada musim ini berusaha untuk mencari setting terbaiknya pada sesi pramusim. Awhin sukses berada di posisi keempat dan mencetak catatan waktu terbaik 2 menit 28,421 detik pada pramusim hari pertama.

“Persaingan dikelas AP250 tahun ini saya yakini akan berlangsung ketat. Saya sudah persiapkan fisik dan mental untuk menghadapinya. Saya fokus untuk memanfaatkan sesi latihan bebas agar menemukan setting yang tepat sehingga bisa menjadi modal yang bagus untuk hadapi balap dan merebut podium di putaran awal ini. Mohon doa dan dukungannya,” kata Awhin.

Sementara itu, Irfan Ardiansyah yang musim ini turun di kelas AP 250 juga mencatatkan hasil positif pada sesi pramusim di hari kedua dengan terus memperoleh catatan waktu terbaik 2 menit 27,423 detik.

3 dari 3 halaman

Kelas SS600

Adapun hasil tes pramusim ARRC kelas SS600, dua pembalap AHRT juga mampu membuktikan kesiapannya. Andi Gilang yang sudah berpengalaman di kelas ini, terus memperbaiki catatan waktu terbaik. Dia konsisten mengisi posisi lima besar dengan catatan waktu terbaik 2 menit 11,553 detik.

Sementara itu Rheza Danica yang melakukan penyesuaian dengan Honda CBR600RR, memerlukan proses untuk terus mendapatkan kecepatan terbaik. Meski belum maksimal, Rheza dapat meraih catatan waktu terbaik 2 menit 12,599 detik.

Kualifikasi dan balapan pertama ARRC Sepang bergulir pada Sabtu (9/2/2019). Sedangkan balapan kedua keesokan harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.