Sukses

Ingin Reuni, Pacquiao Ungkap Peran Roach Jelang Duel Lawan Broner

Liputan6.com, Jakarta Petinju Filipina, Manny Pacquiao melontarkan pernyataan mengejutkan dalam jumpa pers jelang pertandingan melawan Adrien Broner yang dijadwalkan berlangsung Januari mendatang. Pacquiao mengaku ingin reuni dengan mantan pelatihnya, Freddie Roach. 

Pacquioa dan Roach berpisah pada 2017 lalu. Hubungan mereka selama 16 tahun berantakan setelah pertandingan melawan petinju Australia, Jeff Horn, 2 Juli 2017. Dalam duel ini, Pacquiao dinyatakan kalah angka mutlak dari petinju berusia 30 tahun itu. 

Pacquio lalu menunjuk sahabatnya, Buboy Fernandez sebagai pengganti Roach. Bersama Buboy, Pacquiao menang TKO atas Lucas Matthysse di Kuala Lumpur, Malaysia, 15 Juli lalu.

Jelang pertandingan melawan Matthysse, Pacquiao sempat mengatakan tidak ada masalah dengan Roach. Begitu juga dengan Buboy. Pria yang telah menemani Pacquiao sejak masa-masa sulit tersebut juga sama sekali tidak menutup pintu atas kehadiran Freddie  Roach. 

"Keputusan tetap di tangan Pacquiao. Kalaupun Roach hadir tidak akan berpengaruh pada tim. Keputusan tetap di Pacquiao. Dia bosnya," ujar Fernandez kepada Liputan6. saat itu. 

Seperti dilansir Channel News Asia, Pacquiao kembali ditanya mengenai Roach. "Saya tidak punya masalah dengan Freddie Roach," kata Pacquiao. "Yang ingin saya katakan adalah, pekerjaan lain dalam kepelatihan harus diberikan kepada Buboy," kata Pacquiao lagi. 

"Freddie bisa mengawasi dan menginstruksikan Buboy. Ini yang akan kami lakukan."

 

2 dari 2 halaman

Belum Ada Kontak

Hubungan Pacquiao dan Roach sebenarnya selama ini bukan lagi sebatas pelatih dan petinju. Keduanya dikenal sangat dekat. Bahkan, Roach menganggap Pacquiao sebagai anak sendiri. 

Namun sejak kekalahan melawan Horn, hubungan mereka memburuk. Raoch bahkan sempat mengaku belum mendapat bayaran dari Pacquiao usai pertandingan tersebut. Sementara, Pacquiao sama sekali tidak pernah menghubunginya karena alasan sibuk di Filipina. 

Jelang pertandingan melawan Broner, Pacquiao juga belum menghubungi Roach. 

"Saya belum sekalipun bicara langsung dengan Pacquiao (sejak 2017)," kata Roach.

"Saya tidak akan melakukan pergerakan apapun sampai dia menelepon saya. Saya pernah seperti ayahnya selama 15 tahun. Kalau dia tidak bisa mengubungi saya, maka tidak akan ada kesepakatan," kata pelatih asal Amerika Serikat tersebut. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Loading