Sukses

Investigasi Hati Ilegal Mantan Bek Barcelona Resmi Dihentikan

Liputan6.com, Jakarta - Eks pemain Barcelona, Eric Abidal, akhirnya bisa bernapas lega. Hakim telah memerintahkan agar penyelidikan terhadapnya terkait pembelian organ tubuh ilegal segera dihentikan.

Keputusan ini disampaikan oleh Andres Maluenda, pengacara Sandro Rosell yang berperan mencari donor bagi transplantasi hati Abidal. "Kasus yang menimpa Abidal resmi dibekukan," tulis Maluenda lewat akun media sosialnya, Kamis (5/10/2018) seperti dilansir Marca.  

Investigas terhadap Abidal bermula dari bocornya pesan Rosell pada musim panas lalu. Mantan persiden Barcelona itu dituding telah memberikan organ tubuh yang dibeli secara ilegal kepada Abidal saat menjalani transplantasi hati pada tahun 2012 lalu. 

Abidal sendiri mengaku kalau hati tersebut merupakan milik sepupunya, Gerard. Namun polisi tetap melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal-usul hati pemain Prancis itu. 

"Tidak ada bukti baru yang mendukung kasus ini dibuka kembali. Informasi yang bocor ke media bukan alasan signifikan untuk membuka penyelidikan tertutup, meskipun kerusakan telah dialami orang dan institusi, utamanya kepada Sadro Rosell," tulis Maluenda. 

Menurut Maluenda, hakim juga melihat permintaan pemeriksaan terhadap hati sepupu Abidal yang selama ini diklaim sebagai pendonor tidak terlalu menguntungkan. Meski demikian, jaksa penuntut umum telah mengajukan banding atas keputusan hakim tersebut. 

2 dari 2 halaman

Kembali Bergabung ke Barcelona

Abidal memperkuat Barcelona sejak 2007 hingga 2013. Selama memperkuat Blaugrana, Abidal merupakan bek tangguh. Namun pada tahun 2011, dia didiagnosa menderita tumor hati. Akibat penyakit ini, Abidal nyaris meninggal dunia tak kuat menahan rasa sakitnya. 

Akibat penyakit ini, dia harus istirahat selama setahun sebelum kemudian menjalani transplantasi hati pada tahun 2012. Dia baru kembali ke lapangan April 2013 lalu. Namun setelah pulih, Abidal justru meninggalkan Camp Nou dan bergabung ke Monaco. 

Sebelum memutuskan pensiun, dia sempat memperkuat Olympiacos pada tahun 2014. 

Belum lama ini, Abidal kembali ke Barcelona. Dia diangkat sebagai Direktur Olahraga menggantikan Robert Fernandez. Abidal akan terlibat langsung dengan pelatih Ernesto Valverde soal perekrutan pemain. Pria 39 tahun itu juga akan mengurusi perpanjangan kontrak Lionel Messi dan kawan-kawan hingga mengorbitkan para talenta La Masia.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Chelsea Bidik Neuer di Transfer Musim Panas Ini
Loading