Sukses

Demi Suporter, Timnas U-16 Siap Juarai Piala AFF U-16 2018

Liputan6.com, Sidoarjo - Timnas U-16 kini jadi idola baru masyarakat Indonesia. Apalagi, kali ini mereka berkesempatan untuk mempersembahkan gelar bergengsi kepada Indonesia. Syaratnya, mereka harus bisa mengalahkan Thailand.

Timnas U-16 kini jadi fenomena dalam sepak bola Indonesia. Kehebatannya sepanjang Piala AFF U-16 jadi sebuah kejutan yang membuat masyarakat Indonesia optimistis. Terakhir kali publik berada dalam situasi itu adalah saat Timnas U-19 era Evan Dimas Darmono pada Piala AFF U-19 2013.

Sejak itu, antusiasme publik untuk konsisten memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia kembali besar. Sayangnya, antusias itu tak disempurnakan dengan kesuksesan Timnas Indonesia di semua jenjang untuk meraih gelar juara.

Timnas U-19 yang diperkuat Egy Maulana Vikri sudah dua kali gagal memenuhi ekspektasi. Dalam dua edisi, hanya peringkat ketiga yang jadi pencapaian terbaik mereka. Kini, harapan besar publik ada di pundak Timnas U-16.

Dan Timnas U-16 hanya perlu untuk melewati satu hadangan lagi, yakni mengalahkan Thailand pada final Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018). Harapan suporter pun jadi motivasi tambahan bagi tim besutan Fakhri Husaini itu.

1 dari 3 halaman

Motivasi Tambahan

"Para suporter telah luar biasa sepanjang kejuaraan dan hal terbaik yang bisa kami lakukan untuk mereka adalah memenangkan trofi, serta memberi mereka alasan untuk merayakannya. Saya menduga pertandingan sengit di final, tapi saya yakin dengan para pemain dan dengan apa yang bisa mereka berikan," ujar Fakhri.

Antusias masyarakat untuk memberikan dukungan kepada Timnas U-16 secara langsung memang sangat besar. Bahkan, untuk laga final malam ini, tiket yang terjual di stadion sudah ludes meski baru dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Usai menyingkirkan Malaysia 1-0 di semifinal, Fakhri juga sudah memberikan pujian khusus kepada suporter. Maklum, suporter terbukti mampu bersikap baik kepada para pemain Malaysia meski saat ini tengah dilanda ketegangan akibat rivalitas.

2 dari 3 halaman

Jadwal AFF U-16

Peringkat Ketiga

15.30 WIB: Myanmar vs Malaysia

Final

19.00 WIB: Thailand vs Indonesia

Artikel Selanjutnya
Jadwal Final Piala AFF U-16: Timnas U-16 Indonesia vs Thailand
Artikel Selanjutnya
Sosok Luis Milla di Mata Kiper Timnas Indonesia U-23