Sukses

Tertib Saat Lawan Malaysia, PSSI Berikan Apresiasi untuk Suporter Timnas U-16

Liputan6.com, Sidoarjo - Imbauan PSSI untuk suporter Timnas U-16 Indonesia benar-benar dijalankan dengan baik. Saat melawan Malaysia, hal yang dikhawatirkan dari sikap suporter Timnas U-16 tak terjadi.

Sebelumnya, laga Timnas U-16 melawan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018), dikhawatirkan dirusak sikap segelintir oknum. Maklum, hubungan suporter Timnas U-16 dengan para pemain Malaysia sempat memburuk.

Ada segelintir oknum yang diklaim menghina para pemain Malaysia dengan kata-kata kotor saat mereka memainkan laga perdana Grup B AFF U-16 melawan Thailand, 30 Juli 2018. Hal itu menyusul kekesalan masyarakat Indonesia kepada salah satu pemain Malaysia yang menggungah bendera Merah Putih dengan posisi terbalik di media sosialnya.

Namun, sesuatu yang dikhawatirkan tak dilakukan suporter Timnas U-16 yang memenuhi semua penjuru stadion. Sikap tertib suporter pun disempurnakan dengan kemenangan 1-0 anak asuh Fakhri Husaini itu atas Malaysia.

"Saya berterima kasih kepada suporter yang telah bersikap dengan baik saat pertandingan. Kami memang harus bersikap tegas dengan hal seperti itu. Jangan ada lagi kejadian seperti itu karena mereka mayoritas anak-anak yang baru berusia 15 tahun. Dan mereka pun sudah meminta maaf," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha, saat dihubungi Liputan6.com.

 

2 dari 3 halaman

Berharap Juara

Di sisi lain, PSSI juga mengapresiasi kesuksesan Timnas U-16 melaju ke final AFF U-16. Kemenangan 1-0 didapat tim Garuda Asia lewat penalti Amiruddin Bagus Kahfi di menit ke-72. Pada final, Sabtu (11/8/2018), mereka akan menantang Thailand.

"Sekarang kita berdoa untuk keberuntungan Timnas U-16 di final nanti. Mudah-mudahan mereka mampu menjawab harapan bangsa dengan tampil sebagai juara," jelasnya.

Jika tampil sebagai juara, ini adalah momen perdana untuk Timnas U-16. Sebelumnya, pencapaian terbaik mereka hanya jadi runner-up pada edisi 2013. Gelar juara juga akan jadi modal bagus menuju Piala Asia U-16 di Malaysia, 20 September-7 Oktober 2018.

3 dari 3 halaman

Jadwal AFF U-16

Peringkat Ketiga

15.30 WIB: Myanmar vs Malaysia

Final

19.00 WIB: Thailand vs Indonesia

Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Fakta Menarik di Balik Kemenangan Timnas U-16 atas Malaysia
Artikel Selanjutnya
Timnas U-16 Tanpa Beban di Partai Puncak