Sukses

Bukan Wenger, Timnas Jepang Ditangani Pelatih Lokal

Nama Arsene Wenger sempat masuk dalam bursa calon pelatih timnas Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) akhirnya menunjuk Hajime Moriyasu sebagai pelatih baru Timnas Jepang. Moriyasu menggantikan posisi Akira Nishino yang memilih mengundurkan diri setelah membawa Samurai Biru hingga ke babak 16 besar Piala Dunia Rusia 2018. 

Tugas pertama Hajime Moriyasu adalah mempersiapkan Timnas Jepang menghadapi Piala Asia 2019 yang akan berlangsung pad abulan Januari mendatang. Pada turnamen ini, Samurai Biru bergabung di Grup F bersama Uzbekistan, Oman, dan Turkmenistan. 

Penunjukan Moriyasu diumumkan JFA kemarin, Kamis (26/7/2018) waktu setempat. Namun belum diketahui apakah Moriyasu bakal tetap merangkap sebagai pelatih tim Olimpiade. 

Moriyasu bukanlah sosok baru di kancah sepak bola Jepang. Pria yang sudah berusia 47 tahun itu merupakan mantan pemain timnas Jepang di era 90-an. Moriyasu telah memperkuat Samurai Biru sebanyak 35 kali. Dia tampil saat Timas Jepang ditahan imbang Irak di Doha Qatar, 28 Oktober 1993 lalu. Ini merupakan hasil menyakitkan bagi Jepang yang akhirnya gagal melaju ke Piala Dunia 1994 yang berlangsung di Amerika Serikat. 

Sebagai pelatih, Moriyasu, pernah menangani Sanfreece Hiroshima dan membawa tim ini merebut tiga gelar J League, dalam rentang waktu 2012-2015. Dia kemudian memutuskan hengkang pada 2017 dan menjadi pelatih timnas proyeksi Olimpiade Jepang 2020. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Coret Wenger

Sementara itu, nama Arsene Wenger, sebelumnya juga sempat masuk bursa calon pelatih timnas Jepang. Kebetulan, pria asal Prancis itu sudah mengakhiri tugasnya di Arsenal. 

Perburuan Wenger sangat beralasan. Pasalnya, Wenger pernah menangani klub Jepang, Nagoya Gramous Eight sebelum pindah ke Arsenal. Peluang mendatangkannya terbilang besar, karena dalam beberapa kali Wenger mengaku selalu menyukai kehidupan di Jepang. 

Namun spekulasi ini akhirnya terjawab. Setelah penunjukan Moriyasu, JFA kembali menegaskan ketergantungan mereka terhadap pelatih asal sudah selesai. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.