Sukses

Sosok Satu Ini Punya Andil Membawa Rossi Naik Podium di MotoGP Jerman

Valentino Rossi menyatakan keberhasilannya finis kedua pada MotoGP Jerman, Minggu (15/7/2018), tak lepas dari sosok Jonas Folger.

Jakarta, - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyatakan keberhasilannya menduduki peringkat kedua pada MotoGP Jerman, Minggu (15/7/2018), tak lepas dari andil Jonas Folger. Rossi mengaku mempelajari trik mantan pembalap Yamaha Tech 3 tersebut ketika naik podium kedua di Sirkuit Sachsenring pada musim lalu. 

Baca Juga

  • Raih Podium Kedua MotoGP Jerman, Valentino Rossi Bisa Berlibur Tenang
  • Klasemen MotoGP 2018: Marquez Makin Jauhi Rossi
  • Bos Yamaha Lega Rossi dan Vinales Raih Podium

Pada MotoGP Jerman 2017, Folger mampu mengungguli Rossi maupun Maverick Vinales. Dia bahkan bersaing ketat dengan Marc Marquez yang akhirnya jadi juara. Folger terpaksa puas finis kedua. 

Musim ini Folger tak ada di lintasan setelah mundur dari Yamaha Tech 3 karena alasan kesehatan. Namun, trik Folger menaklukkan Sachsenring yang dikenal sulit untuk Yamaha berhasil ditiru Rossi. 

"Bagi saya, balapan yang dilakukan Folger tahun lalu sangat penting, Yang pertama, secara mental, karena saya ingat tiba di sini tahun lalu dan saya tak nyaman dengan motor, yang tak terlalu kuat," ujar Rossi, seperti dilansir Motorsport

"Tapi, tahun lalu Folger tak tahu bahwa ini sirkuit yang sulit bagi Yamaha. Dia membalap dengan fantastis, bahkan selevel dengan Marc. Jadi saya mempelajari semuanya tentang Folger, performanya sepanjang balapan, bagaimana dia mengendarai motor, dan bagaimana dia menyetel motor," sambung pembalap asal Italia tersebut. 

Rossi finis tepat di belakang Marquez yang naik podium utama. Adapun podium ketiga ditempati rekan setimnya, Maverick Vinales.

"Saya rasa Folger sangat membantu. Jadi, saya harus memberinya trofi," sambung Valentino Rossi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Balapan Terbaik

Finis kedua di Sachsenring merupakan hasil terbaik Valentino Rossi pada musim ini. Dia juga mengakui MotoGP Jerman adalah performa terbaiknya pada musim 2018. 

"Ini bukan hanya hasil terbaik saya musim ini, tapi juga balapan terbaik, karena saya melakukan start dengan sangat baik," kata Rossi. 

"Ini sangat penting karena saya start dari posisi keenam, jadi berusaha menyalip seseorang saat start," imbuh dia. 

Valentino Rossi kini masih bercokol di peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2018. Dia mengantongi 119 poin, atau terpaut 46 poin dari pemuncak klasemen, Marc Marquez. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.