Sukses

Visual Stories: Wasit Digital Bernama VAR

Sistem video tayang ulang ini punya akurasi tinggi. Alhasil Piala Dunia 2018 minim skandal keputusan wasit.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi turnamen sepak bola internasional pertama yang menggunakan wasit digital bernama VAR atau video assistant referee.

Tim VAR bertugas memonitor jalannya pertandingan melalui layar di ruang operasi video, bukan di lapangan. Tugasnya membantu wasit mengambil keputusan, karena penentu keputusan tetaplah wasit.

Ada empat situasi yang menjadi sorotan, yakni ketika gol dan pelanggaran akan mengarah ke gol. Ketika keputusan dan pelanggaran hukuman akan mengarah ke penalti. Ketika ada kartu merah yang dikeluarkan. Ketika ada salah keputusan.

Direktur Wasit Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Massimo Busacca gembira dengan sistem video tayang ulang dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alhasil Piala Dunia 2018 minim skandal keputusan wasit.

Bagaimana cara kerja wasit digital bernama VAR dengan teknologi canggih membantu wasit di lapangan mengambil keputusan krusial? Simak selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini