Sukses

Top Skorer Piala Dunia 2018: Harry Kane Sabet Sepatu Emas

Harry Kane menjadi top skorer Piala Dunia 2018 setelah mencetak enam gol.

Liputan6.com, Moskow - Piala Dunia 2018 telah berakhir. Prancis keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018) pada partai final Piala Dunia 2018.

Sayangnya, tak ada pemain dari Prancis atau Kroasia yang menjadi top skorer Piala Dunia 2018. Striker Inggris, Harry Kane keluar sebagai top skorer dengan raihan enam gol.

Kane tampil menggila saat Inggris melumat Panama di babak fase grup, 24 Juni lalu. Dia mencetak hattrick saat Inggris membantai Panama dengan skor 6-1.

Striker Tottenham Hotspur itu mengalahkan dua top skorer Prancis di Piala Dunia 2018, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe yang mencetak empat gol. Pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo hanya mampu mencetak empat gol.

Kane pun menjadi pemain Inggris kedua yang meraih Sepatu Emas di Piala Dunia. Sebelumnya, Gary Lineker menjadi top skorer pada Piala Dunia 1986.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkena Kutukan

Bagi Kane, Sepatu Emas ibarat gelar penghibur untuk dirinya setelah gagal membawa Inggris juara Piala Dunia 2018. Inggris menempati peringkat keempat setelah kalah 0-2 dari Belgia.

Di Piala Dunia 2018, Kane seperti mendapat kutukan. Ya, Sepatu Emas yang didapatkan Kane seperti menegaskan tradisi 80 persen raja gol Piala Dunia dalam 10 edisi terakhir tak mampu mengantar timnya juara.

Sejak 1982 atau edisi ketika pemberian penghargaan Sepatu Emas mulai diberikan, hanya ada dua kejadian top scorer berasal dari tim juara. Mereka adalah Paolo Rossi (Italia) di Piala Dunia 1982 dan Ronaldo (Brasil) pada Piala Dunia 2002.

3 dari 3 halaman

Daftar pencetak gol Piala Dunia 2018:

6 gol: Harry Kane (Inggris)

4 gol: Romelu Lukaku (Belgia), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe (Prancis), Denis Cheryshev (Rusia), Cristiano Ronaldo (Portugal)

3 gol: Eden Hazard (Belgia), Ivan Perisic, Mario Mandzukic (Kroasia), Yerry Mina (Kolombia) Artem Dzyuba (Rusia), Diego Costa (Spanyol), Edinson Cavani (Uruguay)

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.