Sukses

Imbang Lawan Arema, Barito Masih Kuasai Puncak Klasemen

Liputan6.com, Banjarmasin - Barito Putera gagal meraup tiga poin saat menjamu Arema FC di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu (11/7/2018). Duel kedua tim berakhir dengan skor kacamata.

Tuan rumah dan Arema FC tidak menampilkan permainan terbaik pada pekan ke-15 Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini. Namun, hal itu sudah cukup bagi Barito untuk tetap berkuasai di puncak klasemen.

Saat ini Barito memuncaki klasemen dengan koleksi 27 poin dari 15 laga. Mereka unggul dua poin atas PSM Makassar yang belum memainkan laga pekan ke-15. Sedangkan Arema tak bergerak dari urutan ke-12 dengan raihan 19 poin.

Pertarungan di babak pertama terlihat seimbang. Meski Barito sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola, Arema juga tak jarang melancarkan tekanan ke arah jantung pertahanan tuan rumah.

Skor kacamata pun masih menghiasi pertarungan kedua tim hingga memasuki ke-30. Meski minim peluang, kontak fisik di antara kedua tim tetap tak terhindarkan. Salah satunya adalah pelanggaran yang dilancarkan Gavin Kwan Adsit kepada Hanif Sjahbandi yang berbuah kartu kuning di menit ke-36.

Di pengujung babak pertama, Arema sempat mengejutkan Barito. Lewat serangan yang terorganisasi, tim besutan Milan Petrovic itu sempat menjebol gawang Barito kawalan Aditya Harlan. Namun, gol itu dianulir karena wasit menganggap adanya pelanggaran lebih dulu.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Arema nyaris memecahkan kebuntuan di menit ke-50. Berawal dari sepak pojok Dedik Setiawan, bola mampu disambut dengan tandukan pemain Arema. Sayang, gol gagal tercipta karena bola tersebut mampu dibendung kiper Aditya Harlan.

Di menit ke-55, giliran Barito yang melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Arema. Namun, anak asuh Jacksen F Tiago itu terlihat kebingungan saat akan mencari celah untuk ruang tembak.

Meski bermain terbuka, kedua tim sama-sama minim kreativitas untuk menciptakan peluang. Terus mendapatkan kebuntuan, Barito mencoba untuk mengubah skema permainan. Jacksen pun memainkan Nazard Nurzaidin di menit ke-66 dan Juan Pablo Pino di menit ke-69.

Tak hanya kubu Barito, Arema pun mencoba mengubah skema dengan memasukkan Ridwan Tawainella di menit ke-65 dan Muhammad Rafli ke-75. Namun, perubahan yang signifikan tak terlihat dalam permainan Arema.

Di menit ke-76, tim Singo Edan mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di depan kotak penalti Barito. Sayang, jarak yang cukup ideal itu gagal dimanfaatkan Johan Ahmad Farisi yang maju sebagai eksekutor.

Pada akhirnya, laga yang disaksikan 6.287 penonton itu berakhir dengan skor kacamata. Bagi kedua, ini adalah hasil yang imbang karena mereka sama-sama tidak tampil dalam performa terbaiknya.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Barito Putera: Aditya Harlan; Roni Esar Beroperay (Nazar Nurzaidin 66), Aaron Michael Evans (Mochammad Sandy Ferizal 86), Hansamu Yama Pranata, Septian David Maulana, Douglas Packer, Matias Jesus Cordoba, Rizky Ripora, Paulo Sitanggang (Juan Pablo Pino 69), Gavin Kwan Adsit, Samsul Arif

Pelatih: Jacksen F Tiago

Arema FC: Joko Ribowo; Arthur Cunha, Johan Ahmad Farisi, Bagas Adi Nugroho, Israel Wamiau, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Hanif Sjahbandi Abdurrauf, Jefri Kurniawan (Ridwan Tawainella 65), Dedik Setiawan, Rivaldy Bawuo (Muhammad Rafli 75)

Pelatih: Milan Petrovic

Loading
Artikel Selanjutnya
Profil Klub Liga 1 2020 Arema FC: Menguji Kejeniusan Mario Gomez di Singo Edan
Artikel Selanjutnya
Arema FC Bakal Kental Nuansa Persija di Liga 1 2020, Ini Buktinya