Sukses

Piala Dunia 2018: Hajar Tunisia, Belgia Lolos ke 16 Besar

Liputan6.com, Moskow - Timnas Belgia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Ini setelah Belgia sukses menghajar Tunisia 5-2 pada laga kedua penyisihan grup G di Stadion Otkrytiye Arena, Moskow, Sabtu (23/6/2018).

Dengan kemenangan ini, Belgia melaju mulus ke babak 16 besar Piala Dunia. "Setan Merah" kemungkinan ditemani Inggris yang akan menghadapi Panama, Minggu (24/6/2018) besok.

Timnas Belgia langsung tancap gas sejak kick off. Meski sempat diserang terlebih dahulu, Belgia justru mencetak gol terlebih dahulu di menit ke-6. Gol dicetak Eden Hazard lewat titik penalti.

Penalti diberikan setelah Hazard diganjal pemain belakang Tunisia, Ben Youssef. Dries Mertens juga berperan dengan gol yang membuat Belgia unggul 1-0 atas Tunisia.

Setelah gol ini, Belgia dan Tunisia saling berbalas serangan. Pada menit ke-13, Hazard nyaris mencetak gol kedua tapi ditepis Mustapha.

Pada menit ke-16, Belgia kembali mencetak gol lewat Romelu Lukaku.Striker tajam milik Manchester United ini sukses melepas tendangan kaki kiri yang sulit dijangkau Mustapha dan melewati kaki bek Tunisia, Ben Youssef. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk Belgia.

Tunisia ternyata langsung bereaksi atas gol ini. Dylan Bronn mampu memperkecil ketertinggalan usai sundulannya membuat skor menjadi 2-1. Dia memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Wahbi Khazri.

Sayang pada menit ke-22, Bronn minta diganti. Dia mengalami cedera sehingga digantikan Nagguez. Digantinya Bronn tak menganggu ritme permainan Tunisia.

Pada menit ke-31, Tunisia mencetak peluang lewat Sassi. Namuns undulannya memanfaatkan umpan Tunsia masih melebar.

Pada menit injury times babak pertama, Lukaku nyaris menambah gol usai menerima umpan tarik Eden Hazard tapi ditepis. Di menit ke 48, Lukaku benar-benar cetak gol usai memanfaatkan umpan terobosan Kevin De Bruyne.

Belgia pun mampu mengakhiri babak pertama dengan skor 3-1 atas Tunisia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua

Belgia kembali tampil trengginas di babak kedua. Di menit ke-47, Alderweireld nyaris mencetak gol tapi tembakannya hasil umpan dari Kevin De Bruyne masih melambung ke atas gawang.

Belgia menambah skor kemenangan menjadi 4-1 di menit ke-51. Gol dicetak oleh Hazard setelah menerima umpan jauh lewat dada dan lalu mengecoh kiper lewat contekan.

Unggul besar, Roberto Martinez pun menggantikan Lukaku dengan Fellaini. Lukaku tampak kecewa harus diganti di menit ke-59 karena sepertinya ingin mencetak tiga gol.

Belgia kembali membuka peluang di menit ke-61. Namun usaha Carrasco yang sukses menerobos masuk pertahanan lawan sia-sia karena tembakannya melambung.

Martinez kembali menarik strikernya di menit ke-68. Kali ini, dia mengganti Hazard dengan Batshuayi.

Batshuayi membuka peluang di menit ke-76. Dia sukses mengecoh kiper Ben Mustapha tapi tembakannya masih bisa dibuang bek Tunisia, Meriah.

Menit ke-80, Batshuayi lagi-lagi beraksi. Namun tembakannya kali ini mengenai tiang gawang. Begitu juga yang terjadi di menit ke-81 saat tendangannya mampu ditepis Mustapha.

Kegagalan ini tak membuatnya putus asa. Dia akhirnya menambah keunggulan Belgia menjadi 5-1 lewat gol di menit ke-90. Dia manfaatkan umpan Tielemans yang baru masuk. Tunisia mengubah skor menjadi 5-2 lewat gol hiburan Khazri di menit injury times.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:

 

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Yannick Carrasco, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier; Eden Hazard/Batshuayi (68), Romelu Lukaku/Fellaini (59), Dries Mertens/Tielemans (86)

Tunisia (4-3-3): Farouk Ben Mustapha; Ali Maaloul, Yassine Meriah, Syam Ben Youssef/Benalouane (41), Dylan Bronn/H Nagguez (22); Saif-Eddine Khaoui, Ellyes Skhiri, Ferjani Sassi/Sliti (59); Anice Badri, Wahbi Khazri, Fakhreddine Ben Youssef

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.