Sukses

3 Pesepak Bola dengan Tato yang Menyentuh Hati

Pesepak bola akrab dengan tato, seperti apa makna di balik setiap corak?

Liputan6.com, Jakarta Pesepak bola akrab dengan tato. Beragam corak terukir di tubuh sejumlah pesepak bola ternama. Sebut saja David Beckham, Zlatan Ibrahimovic, Neymar, Sergio Ramos, hingga Lionel Messi, seluruhnya memiliki beragam tato yang menghisasi tubuh mereka.   

Coraknya juga berbeda-beda. Mulai dari ukiran nama, simbol, atau wajah seseorang. 

Bukan sekedar gaya-gayaan. Tato-tato yang menempel di tubuh para pesepak bola juga punya makna mendalam. Berikut ini lima pemain yang punya tato menyentuh hati. 

1. Raheem Sterling

Pemain Manchester City ini baru saja menuai kecaman atas tato baru bergambar senapan M-16 yang terukir di kaki kanannya. Pemain berusia 23 tahun itu dianggap tidak berempati kepada para korban penembakan di Inggris yang belakangan merenggut nyawa anak kecil. 

Sterling saat ini tengah mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia 2018. Dia berlatih bersama timnas Inggris yang akan jadi salah satu kontestan turnamen akbar itu. 

Hujatan yang menerpa tentu saja mengganggu ketenangan hatinya selama pemusatan latihan. Apalagi, tudingan tersebut salah karena dia justru sangat anti senjata api. 

Lewat Instagram-nya, Sterling pun menceritakan latarbelakang pembuatan tato itu. 

"Saat saya berusia 2 tahun, ayah saya meninggal karena ditembak. Saya lalu berjanji pada diri saya untuk tidak pernah menyentuh senjata api. Jadi gambar di kaki kanan saya itu punya makna yang mendalam, dan itu juga belum sepenuhnya selesai," beber Sterling. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sergio Ramos

Nama bek Real Madrid juga dikenal memiliki banyak tato di tubuhnya. Mulai dari tangan, punggung, hingga ke leher. Seluruhnya dengan corak dan gambar yang berbeda-beda. 

Namun tidak seluruh tato itu mewakili dirinya. Sebagian justru didedikasikan Ramos untuk mengenang orang lain, seperti yang terukir lewat kata-kata di bisep kiri dan kanannya. 

"Semangat orang-orang yang meninggal terletak pada ingatan mereka yang masih hidup."

Tulisan ini merupakan penghormatan bagi korban aksi teror New York, 11 September 2001 dan Madrid, 3 November 2004. Dia juga mengukir kalimat "Star of David" di lengan kirinya. Tulisan ini didedikasikan bagi sahabatnya Antonio Puerta, yang meninggal di usia 22 tahun. 

 

 

3 dari 3 halaman

3.Zlatan Ibrahimovic

Saat masih memperkuat PSG, Ibrahimovic pernah melepas bajunya usai mencetak gol ke gawang Cean, 2015 lalu. Lima nama, yakni, Carmen, Mariko, Antoine, Lida, dan Rahma, terukir di badannya--di antara deretan tato yang menghiasi tubuhnya. 

Ibra memang sengaja mengukir nama-nama itu demi membantu PBB memerangi kelaparan. "Nama-nama itu tidak satupun yang mengingat mereka," kata Ibra usai pertandingan. 

Sayang, wasit tidak mau kompromi. Dia akhirnya diganjar kartu kuning karena buka baju.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.