Sukses

Sihir Mourinho Kurang Ampuh di MU

Tidak seperti di klub lain yang pernah dilatihnya, Mourinho tidak biasa menjuarai liga bersama MU pada musim kedua.

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho belum mampu memberikan gelar juara Liga Inggris untuk Manchester United (MU). Sejauh ini, pria Portugal itu baru mampu mempersembahkan gelar juara Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa.

Padahal, ketika dipercaya menjadi manajer pada 2016 lalu, Mourinho diharapkan bisa menghadirkan gelar juara Liga Inggris untuk MU Terakhir, tim berjuluk Setan Merah itu memenangkan trofi tersebut pada 2013 lalu, di bawah asuhan manajer Sir Alex Ferguson.

Bisa dibilang, prestasi Mourinho ini sebuah kemunduran. Sebab, pada musim kedua dalam kariernya, dia selalu menjuarai liga bersama klub yang sedang ditanganinya.

Catatan itu berawal saat Mourinho mulai melatih Porto. Bergabung dengan tim Portugal itu pada Januari 2002, dia menjuarai Primeira Liga musim 2002–03 dan 2003–04.

Berikutnya di Chelsea. Datang ke Stamford Bridge pada Juni 2004, Mourinho mempersembahkan trofi Liga Inggris di musim pertama dan keduanya (2004–05 dan 2005–06).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klub Lain

Di Inter Milan pun demikian. Setelah melatih Inter per Juni 2008, Mourinho sukses mengantar Nerazzurri untuk merebut dua Scudetto beruntun pada musim 2008–09 dan 2009–10.

Pindah ke Real Madrid sejak Mei 2010, Mourinho melewati musim pertama dengan titel Copa del Rey. Di musim keduanya, dia melanjutkan kebiasaannya menjuarai liga pada musim kedua -- Madrid jadi kampiun La Liga 2011–12.

Mourinho kembali ke Chelsea untuk periode kedua pada Juni 2013. Setelah tanpa gelar di musim pertama periode ini, pada musim berikutnya Mourinho mampu membawa The Blues meraih titel dobel dengan menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga.

"Saya lebih menyukai musim kedua karena di musim kedua saya tahu tidak melakukan kesalahan," ujar Mourinho kepada The Sun pada musim lalu.

"Anda bisa mengira kenal para pemain, tapi nyatanya tidak. Anda cuma bisa benar-benar mengenal mereka ketika telah menjalani masa suka dan duka bersamanya. Yang benar-benar saya senangi adalah transisi dari musim pertama ke musim kedua," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Senang

Di musim pertama, Mourinho hanya mampu membawa MU finis di peringkat enam Liga Inggris dengan 69 poin. Sementara di musim ini, Setan Merah sudah dipastikan finis di peringkat kedua.

Mourinho menyebut posisi kedua merupakan target realistis MU usai Manchester City memastikan gelar juara. "Kami ada di posisi kedua, dan saya tidak sepenuhnya senang karena itu bukan natural saya," ujar Mourinho seperti dikutip dari BBC.

Tapi, sejak momen yang kami rasakan kalau mustahil bisa finis pertama, kami punya target untuk finis kedua dan itu terwujud hari ini," kata Mourinho, dikutip dari BBC Sport.

"MU merupakan tim terbaik kedua di Liga Inggris musim ini, kompetisi yang fantastis dengan banyak tim bagus, dengan ada enam tim yang berusaha finis sebagai yang pertama," ujarnya menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris