Sukses

Pacquiao Desak WBO Selidiki Kemenangan Horn

Manny Pacquiao dinyatakan kalah angka mutlak atas petinju Australia, Jeff Horn.

Liputan6.com, Manila-- Manny Pacquiao sebenarnya telah menerima keputusan juri yang memenangkan Jeff Horn pada pertarungan di Suncor Stadium, Brisbane, Australia, Minggu lalu. Namun petinju yang dijuluki Pacman itu tetap mendukung penyelidikan terhadap keputusan itu. 

Pacman kehilangan gelar juara dunia kelas welter versi WBO setelah dinyatakan kalah angka mutlak atas Horn. Namun banyak yang menganggap hasil ini kontroversial mengingat Pacquiao yang unggul pengalaman lebih mendominasi dalam 12 ronde. 

Dewan Permainan dan Hiburan Filipina juga mencium adanya kejanggalan pada keputusan 3 juri. Mereka bahkan mendesak WBO untuk segera menyelidiki dugaan itu. 

"Saya mencintai tinju dan saya tak ingin melihat tinju mati karena keputusan dan kepemimpinan yang tidak adil," kata Pacquiao seperti dikutip News, Jumat (7/7/2017). 

"Saya sudah menerima keputusan tersebut, tapi sebagai seorang pemimpin dan, pada saat yang sama, saya memiliki kewajiban moral untuk menegakkan kebenaran dan keadilan di mata publik," jelas mantan juara dunia delapan kelas berbeda tersebut. 

Pacquiao menilai, Horn sebenarnya tidak benar-benar bagus dalam pertarungan tersebut. Namun, dia mengakui mantan guru itu tangguh dan tahan pukul. Horn mampu bertahan hingga 12 ronde, meski banyak menerima pukulan telak dari Pacquiao. 

Pada ronde kesembilan, Horn bahkan sudah kesusahan meladeni gempuran Pacquiao. Bahkan wasit sempat berniat menghentikan pertandingan demi keselamatan Horn. 

"Masalahnya di sini adalah wasit, saya tidak tahu apakah dia melakukannya dengan sengaja atau dia tidak berpengalaman. Dia hanya mengizinkannya dan bahkan tidak memberikan peringatan berapa pun," kata Pacquiao.

"WBO harus mengambil tindakan yang tepat atas surat yang dikirim oleh Dewan Permainan dan Hiburan agar tidak mengikis ketertarikan masyarakat terhadap tinju." (David Permana)

Saksikan juga video menarik lainnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.