Sukses

MotoGP: Dovizioso Ikut Kecam Sirkuit Catalunya

Dovizioso kini punya peluang bersaing dalam jalur perebutan takhta juara dunia MotoGP 2017.

Liputan6.com, Barcelona - Jelang digelarnya balapan MotoGP Catalunya 2017, Minggu (11/6/2017), keluhan para pembalap akan kondisi lintasan terus bermunculan. Kecaman terkini datang dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Sejatinya, Dovizioso adalah pembalap yang mendapatkan hasil cukup bagus pada latihan bebas MotoGP Catalunya, Jumat (9/6/2017). Pada latihan bebas pertama, pembalap asal Italia itu menempati posisi ketiga dengan selisih 0,630 detik dari Marc Marquez.

Pada latihan bebas kedua, posisinya memang melorot ke urutan keempat. Namun jarak dengan Marquez terpangkas menjadi 0,405 detik. Meski begitu, catatan baik tersebut tak mengurangi kritik Dovizioso terhadap kondisi Sirkuit Catalunya.

"Sulit mengendari motor dalam kondisi seperti ini. Banyak benjolan di lintasan. Tingkat cengkramannya juga sangat rendah karena aspal sudah sangat rusak. Bagi semua orang itu sulit," kata Dovizioso, seperti dilansir Crash.

Sebelum Dovizioso, Valentino Rossi yang lebih dulu mengkritik aspal lintasan usai menjalani latihan bebas kedua MotoGP Catalunya. Menurut Rossi, aspal Sirkuit Catalunya adalah salah satu yang terburuk dari semua seri MotoGP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modal dari Tes

Di sisi lain, Dovizioso sedikit diuntungkan dengan tes yang dilakukan di Sirkuit Catalunya pada bulan lalu. Tes tersebut membuat Ducati memiliki data yang bisa mencocokkan setting-an motor dengan kondisi lintasan Sirkuit Catalunya.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso tampil cukup kompetitif pada latihan bebas MotoGP Catalunya 2017. (Josep LAGO / AFP)

"Siapa yang melakukan tes itu pasti sangat membantu. Saya pikir itu alasan mengapa kami kompetitif. Tapi kami harus melihat apakah kompetitor bisa memperbaiki diri. Lintasan ini bahkan lebih buruk dari tahun lalu," beber Dovizioso.

Dovizioso sendiri tengah dalam kepercayaan diri tinggi usai memenangkan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello. Selain mengukir banyak catatan positif, kemenangan itu membuat Dovizioso melesat ke urutan kedua klasemen pembalap dengan raihan 79 poin, terpaut 26 poin dari Maverick Vinales.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.