Sukses

Hindari Kecelakaan Fatal, MotoGP Catalunya Kembali Ubah Layout

Perubahan layout itu baru hanya berlaku pada MotoGP Catalunya 2017.

Liputan6.com, Barcelona - Komisi Keselamatan MotoGP mengambil keputusan besar jelang balapan, Minggu (11/6/2017). Kebijakan itu terkait layout baru yang telah digunakan di Sirkuit Catalunya.

Awalnya, balapan MotoGP Catalunya menggunakan layout dengan chicane baru sejak musim 2016. Perubahan itu dilakukan menyusul kecelakaan yang menewaskan pembalap Moto2, Luis Salom, pada latihan bebas di Sirkuit Catalunya, Juni 2016.

Untuk menyesuaikan diri dengan perubahan itu, para pembalap MotoGP  berkesempatan melakoni tes pada Mei 2017. Ternyata, layout dengan chicane baru mendapat protes dari banyak pembalap. Pada akhirnya, mereka menggelar pertemuan dengan Komisi Keselamatan, Jumat (9/6/2017).

"Para pembalap mengeluh sedikit tentang tata letak yang baru, Mereka mengatakan pekerjaan tidak dilakukan dengan benar dan ada banyak benjolan. Karenanya, pembalap meminta kembali ke layout seperti dua tahun lalu," kata Loris Capirossi, yang juga mewakili Dorna sebagai pengawas balapan, dikutip Crash.

Perubahan ini membuat chicane MotoGP Catalunya dibuat mirip seperti versi F1. Dan perubahan itu akan diberlakukan sejak latihan bebas ketiga hingga balapan nanti. Namun, masih belum diputuskan apakah hal itu berlaku untuk tahun-tahun mendatang atau tidak.

"Kami melihat saat latihan ada banyak kecelakaan di mana motor tetap berada di jalur dan di ujung lintasan. Itu sangat berbahaya. Kami punya pengalaman dari tahun lalu dengan chicane lama dan kami tak mendapatkan kecelakaan seperti kali ini. Dari segi meminimalisir kecelakaan, yang lama lebih baik," ujar Capirossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.