Sukses

Balikkan Keadaan, Dortmund Pecundangi Bayern Munchen

Liputan6.com, Munich - Borussia Dortmund menundukkan tuan rumah Bayern Munchen 3-2 di semifinal DFB Pokal, Kamis (27/4/2017) di Allianz Arena. Kemenangan ini membuat Dortmund menggenggam tiket final DFB Pokal dan menghadapi Eintracht Frankfurt.

Bermain di Allianz Arena, tuan rumah didukung penuh suporter fanatik mereka. Permainan terbuka tersaji sejak awal pertandingan, tapi gol baru tercipta pada menit ke-19.

Adalah Marco Reus yang lebih dulu membawa Dortmund unggul 1-0 atas Munchen. Situasi ini membuat pasukan Carlo Ancelotti bermain lebih menekan demi menyamakan kedudukan.

Gol balasan pun tak butuh waktu lama untuk tercipta. Pada menit ke-28 Javi Martinez, yang melakukan blunder atas gol Reus, sukses menanduk sepak pojok Xabi Alonso dan memaksa Roman Burki memungut bola dari gawangnya.

Gol itu melipatgandakan motivasi Philipp Lahm dan kawan-kawan untuk bikin gol lagi. Empat menit jelang turun minum, Mats Hummels, yang notabenenya mantan bek Dortmund menjebol gawang bekas klubnya itu.

Menerima umpan Franck Ribery, Hummesl mengirim bola ke sudut gawang Roman Burki. Hummels tak melakukan selebrasi atas gol ke gawang mantan klubnya tersebut.

Bayern kini memimpin 2-1 atas tim besutan Thomas Tuchel. Skor ini bertahan hingga paruh pertama berakhir.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Die Roten masih mendominasi permainan atas Die Borussen. Tim tamu sendiri memilih lebih banyak melancarkan serangan balik.

Pierre-Emerick Aubameyang sukses menjebol gawang Munchen pada menit ke-69. Sebuah gol yang mengejutkan sekaigus membuat skor menjadi imbang 2-2.

Laga semakin seru berkat gol Aubameyang tersebut. Saling serang terjadi, kendati Munchen tampak lebih agresif dalam menekan Dortmund.

Namun, gawang Munchen malah yang bobol pada menit ke-74 oleh Ousmane Dembele. Penampilan kiper Munchen, Sven Ulreich cukup buruk karena sudah tiga kali memungut bola dari gawangnya sendiri dalam laga ini.

Gol Dembele itu membuat Dortmund berbalik unggul 3-2 atas Munchen. Setelah gol itu, Munchen langsung berusaha keras menyamakan skor.

Namun, sederet kans yang dimiliki tuan rumah kandas di area pertahanan Dortmund. Hingga laga usai, Munchen takluk 2-3 dari Dortmund. Hasil ini mempertemukan Dortmund dengan Eintracht Frankfurt di final DFB Pokal. Frankfurt menyingkirkan Borussia Monchengladbach melalui drama adu penalti.

Starting line up:

Bayern Munchen: Ulreich, Javi, Hummels, Lahm, Alaba, Xabi, Vidal, Robben, Thiago, Ribery, Lewandowski.

Borussia Dortmund: Dortmund: Burki, Papastathopoulos, Bender, Piszczek, Schmelzer, Weigl, Dembele, Castro, Guerreiro, Reus, Aubameyang.