Sukses

Indra Sjafri Resmi Latih Timnas Indonesia U-19

Liputan6.com, Jakarta - Indra Sjafri resmi jadi pelatih Timnas Indonesia U-19. Pria 53 tahun itu telah menandatangani kontrak berdurasi setahun yang disodorkan PSSI.

Penandatanganan kontrak dilakukan Indra Sjafri di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (31/1/2017), dan disaksikan Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi.

"Kontrak akan diperpanjang ditinjau setiap tahun. Targetnya adalah membawa tim nasional juara Piala AFF U-19 pada bulan September 2017," kata Edy.

Edy menginginkan tim nasional usia muda menjadi yang terunggul di Asia Tenggara. Pria yang juga menjabat Pangkostrad itu bahkan tidak mau melihat tim nasional menang dengan skor tipis melawan negara kuat di ASEAN, seperti Thailand.

"Saya berharap nanti skor kemenangan kita bisa berselisih tiga ke atas. Jangan mau kalah karena kita punya 250 juta penduduk, sementara penduduk Thailand hanya sekitar 64 juta orang," ucap Edy.

Target ini ditanggapi dengan optimistis oleh Indra Sjafri. Pria yang sebelumnya melatih Bali United ini mengatakan target itu realistis.

"Saya tentu berani, tetapi harus terlebih dahulu mengetahui kekuatan lawan. Oleh karena itu, setelah ini saya akan langsung berkoordinasi dengan Direktur Teknik Tim Nasional PSSI Danurwindo untuk meminta data pemain yang akan dipanggil dan data kekuatan lawan. Kami akan bekerja sama membentuk Timnas U-19," tutur Indra.

Indra Sjafri merupakan pelatih yang pernah membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi juara di Piala AFF U-19 pada 2013. Setelah kembali ditunjuk menjadi pelatih Timnas U-19, dia ditargetkan membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 pada September 2017 dan lolos dari di Kualifikasi Piala Asia 2018 pada November 2017.