Sukses

Riedl Jajal Formasi 3 Bek untuk Timnas Indonesia

Percobaan itu dilakukan saat latihan di Lapangan SPH, Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Tim nasional Indonesia pada latihan menjelang pertandingan final Piala AFF 2016 mencoba melakukan perobahan formasi yang salah satunya dengan mencoba menggunakan formasi tiga bek untuk menopang penjaga gawang Kurnia Meiga.

Saat latihan di Lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (11/12/2016), Riedl mencoba menurunkan Manahati Lestusen, Fachruddin Arianto dan Hasamu Yama Pratama. Kondisi ini berbeda dengan pertandingan sebelumnya yang mengandalkan empat bek.

Pada latihan yang dipimpin asisten pelatih, Wolfgang Pikal, dua pemain yang selama ini berada di barisan belakang yaitu Abdul Lestaluhu dan Beny Wahyudi sedikit ditarik ke atas bersama dengan pemain jangkar Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly.

Di depan empat pemain tengah ini ada dua pemain yang dikenal dengan memiliki kecepatan dan bermain apik selama pertandingan kualifikasi hingga semifinal yaitu Rizky Pora dan Andik Vermansah. Sedangkan lini depan tetap mengandalkan Boaz Solossa sebagai target man.

Dalam latihan ini, pemain inti yang formasinya sama saat menghadapi Vietnam harus berhadapan dengan pemain lain yang selama ini duduk di bangku cadangan. Latihan ini juga sudah memperagakan pertandingan sesungguhnya melawan Thailand.

Meski mencoba dengan tiga bek, saat diserang Beny Wahyudi yang berada di sisi kanan dan Abduh Lestaluhu yang berada di sisi kiri langsung turun dengan cepat untuk membantu pertahanan. Namun, ada menyerang kedua pemain ini tidak segan membantu penyerangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Inti dan Formasi yang Tepat

"Saat ini kami terus berusaha mencari pemain inti dan formasi yang tepat untuk menghadapi Thailand. Saya terus mencoba untuk mencari yang tepat," kata pelatih Alfred Riedl usai memimpin latihan, seperti dilansir Antara.

Pada latihan yang sudah masuk program ini, Riedl juga memberikan materi khusus kepada pemain yang selama ini menjadi sorotan lawan yaitu Solossa dan Lilipaly. Beberapa kali dua pemain ini mendapatkan pengarahan langsung dari pelatih asal Austria itu.

Selain mencari pemain inti dan formasi yang tepat ini, Riedl juga memberikan porsi latihan tendangan langsung ke gawang dari luar kotak pinalti. Semua pemain pada latihan ini diberikan porsi yang sama termasuk yang selama ini berada di bangku cadangan.

"Yang dihadapi saat ini adalah pertandingan final. Jadi kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Apalagi kita menjadi tuan rumah. Kami akan memaksimalkan semua pemain yang ada," kata mantan pelatih timnas Vietnam itu.

Sesuai jadwal, pertandingan final pertama Piala AFF 2016 digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12) dan pertandingan final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.