Sukses

Final Piala AFF: Pelatih Thailand Gugup Hadapi Suporter Indonesia

Liputan6.com, Bangkok - Pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang mengatakan bahwa dirinya tak melupakan aspek psikologis pemain dalam persiapan menghadapi Timnas Indonesia, di leg pertama final Piala AFF 2016, pada Rabu (14/12/2016). Pemain Thailand dituntut membawa pulang kemenangan di tengah tekanan besar dari suporter tuan rumah.

Tim berjuluk The Elephants War tersebut baru saja melakukan sesi latihan terakhir pada Sabtu (10/12/2016) di Rajamangala National Stadium. Mereka akan tiba di Indonesia hari Minggu besok, lebih awal dari tim tamu biasanya.

"Pertandingan ini tentu akan sulit karena Indonesia akan kuat di kandang, tak berbeda dengan Vietnam atau Myanmar. Alasannya karena fans ada di belakang para pemain," kata Kiatisuk, dilansir dari FourFourTwo Thailand, Sabtu (10/12) malam.

"Kami mengenal gaya bermain Indonesia. Kami akan fokus untuk memenangkan pertandingan dan mencetak gol di laga (leg) pertama. Nantinya di laga kedua kami bisa rileks dan mendapatkan suporter kami kembali," ucap pelatih yang kerap dipanggil Zico itu.

Indonesia mempunya rekor unik pada Piala AFF 2016 karena menjadi satu-satunya tim yang bisa membobol gawang Thailand, meski kalah dengan skor 4-2. Sejak Thailand menang di pembukaan fase grup tersebut, gawang Kawin Thamsatchanan selalu cleansheet hingga semifinal.

"Hari ini kami fokus latihan untuk memprediksi pertandingan, dan kami bermain dengan banyak sistem. Kami juga coba untuk mengulas semuanya, termasuk aspek-aspek psikologis," katanya.