Sukses

Southgate Calon Kuat Manajer Timnas Inggris

Southgate telag empat pertandingan menangani Timnas Inggris.

Liputan6.com, London - Gareth Southgate menjadi kandidat terkuat sebagai manajer Timnas Inggris. Kepala Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), Martin Glenn, menyebutkan bahwa Southgate menjadi pilihan paling masuk akal bagi The Three Lions.

Akan tetapi, belum ada keputusan penunjukkan dalam waktu dekat ini. Saat ini, menurut Glenn, status Southgate masih manajer interim Timnas Inggris.

"Kami telah katakan bahwa Gareth, jika dia menginginkan posisi itu, jelas akan dipertimbangkan sebagai calon kuat," kata Glenn, yang bertanggung jawab memilih manajer Inggris bersama Ketua FA Greg Clarke dan Direktur Teknik Dan Ashworth, seperti dilansir Sky Sports.

Dalam masa kepelatihan sementara, Southgate sudah menangani Inggris untuk empat pertandingan. Terakhir, Inggris pada Selasa malam lalu mesti kebobolan dua gol pada menit-menit terakhir saat melawan Spanyol.

Inggris bermain imbang 2-2 melawan Spanyol di Stadion Wembley, di mana dua gol Inggris dicetak Adam Lallana dan Jamie Vardy. Dua gol Spanyol sendiri lahir pada menit ke-89 dan ke-90 melalui Iago Aspas dan Isco.  

Hasil itu membuat Southgate mencatatkan dua kali menang dan dua kali seri, sejak mengambilalih kepelatihan dari Sam Allardyce, yang mengundurkan diri. Artinya, mantan bek Aston villa itu sudah menangani Timnas Inggris selama 67 hari.

Sebelum ditunjuk sebagai manajer interim Timnas Inggris, pelatih berusia 46 tahun ini sempat menukangi Inggris U-21. Kendati prestasinya tak menonjol, FA merasa puas dengan kinerja Southgate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini