Sukses

Menerka Formasi Timnas Indonesia Saat Melawan Malaysia

Timnas Indonesia bakal hadapi Malaysia pada uji coba Internasional yang berlangsung 6 September di Stadion Manahan, Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akhirnya menjalani laga internasional setelah vakum akibat sanksi FIFA. Indonesia akan jalani laga internasional pertama melawan negara tetangga Malaysia di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016. Alfred Riedl sebagai juru taktik tentu sudah punya rencana formasi di kepalanya dari 22 nama pemain yang sudah dipanggil.

Pelatih asal Austria ini sendiri memang sedikit banyak sudah paham dengan karakteristik pemain Indonesia. Sebab, dalam dua ajang Piala AFF sebelumnya, Riedl juga menangani tim Garuda, yakni 2010, dan 2014.

Bila menilik dari 22 nama yang hadir, Riedl sepertinya menyukai tipikal pemain yang memiliki daya jelajah yang tinggi. Beberapa pemain memang punya visi bermain yang memang Riedl suka.

Tiga calon pemain Timnas Indonesia menyimak arahan pelatih, Alfred Riedl (kanan) saat seleksi di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (9/8). Bertemu tim unggulan, skuat Garuda berada dalam posisi sulit. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Riedl juga sepertinya akan menggunakan formasi 4-3-3. Dia tampaknya akan menggunakan formasi ini sebab, hanya ada satu pemain yang bertipikal goal getter, yakni Lerby Eliandry.

Nantinya, kemungkinan besar Lerby akan didukung oleh dua striker bayangan yang punya kecepatan seperti Irfan Bachdim dan Boaz Solossa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tengah dan Belakang

Pada lini kedua, Andik Vermansah, Irsyad Maulana, dan Evan Dimas kemungkinan besar bakal diturunkan sejak awal. Sebab, ketiga nama ini bak paket lengkap, yakni punya visi bermain, kecepatan, serta daya jelajah yang tinggi.

Selanjutnya pada barisan belakang, Riedl membawa nama-nama yang lebih muda dan kuat. Kemungkinan dua bek tengah diisi oleh, Dedi Gusmawan, dan Rudolof Yanto Basna. Sedang bek sayap kiri ditempati Muhammad Abduh Lestaluhu, dan bek kanan, Benny Wahyudi.

Riedl mungkin akan pusing menentukan kiper utama dalam laga nanti. Ada tiga nama yang dipanggil, yakni Kurnia Meiga Hermansyah, Andritany Adhiyasa, dan Dian Agus. Namun, kemungkinan besar Riedl bakal menggunakan Andritany melihat catatan statistik gemilang kiper Persija Jakarta itu.

Berikut bayangan formasi timnas Indonesia vs Malaysia:

Skema 4-3-3: Andritany Adhiyasa; Muhammad Abduh Lestaluhu, Benny Wahyudi, Dedi Gusmawan, Rudolof Yanto Basna; Andik Vermansah, Irsyad Maulana, Evan Dimas; Boaz Solossa, Irfan Bachdim; Lerby Eliandry.

Cadangan: Kurnia Meiga Hermansyah, Dian Agus Prasetyo, Indra Kahfi Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata, Fachrudin Wahyudi Aryanto, Abdul Rachman, Ichsan Kurniawan,  Bayu Pradana Andriatmo, Adam Alis Setyano, Septian David Maulana, Zulham Malik Zamrun.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.